Pertumbuhan Rumah Ibadah Muslim 20 Persen di Riau

665 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pertumbuhan rumah ibadah mengalami peningkatan di Provinsi Riau setiap tahunnya. Untuk rumah ibadah muslim, seperti musala, langgar dan masjid tercatat meningkat mencapai 20 persen dalam setahun. Kantor Wilayah Departemen Agama (Kandepag) Riau menyatakan persentase pertumbuhan ini terakumulasi dari total 9.579 unit rumah ibadah Islam di Riau hingga 2009 ini.

Kepala Kanwil Depag Riau Asyari Nur, melalui Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Pemberdayaan Masjid, HM Samad mengatakan, pertumbuhan 9.579 unit rumah ibadah umat Islam terbagi kepada 5.826 masjid, 4.432 mushala dan 308 tempat ibadah suluk.

Sementara itu, untuk mendirikan sebuah tempat ibadah harus mempunyai perizinan yang diketahui oleh Kanwil Depag dengan berbagai syarat tertentu. Sehingga setiap rumah ibadah akan diperbolehkan berdiri dengan berbagai aturan dan rekomendasi berbagai pihak.

“Rekomendasi yang menjadi catatan penting bagi Depag adalah pernyataan kesediaan warga sekitar di tempat rumah ibadah yang akan didirikan. Minimal adanya persetujuan dari 90 lebih warga sekitar dan kelayakannya sesuai dengan jumlah penganut agama rumah ibadah,”ungkap Samad.(Surya)

Posting Terkait