Persediaan Daging Sapi dan Ayam Aman

818 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Persediaan daging sapi dan ayam selama bulan Ramadan dan lebaran nanti untuk kebutuhan masyarakat di Riau mencukupi. Sebab Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Riau telah mengamankan persediaannya.


Kebutuhan daging ayam dan sapi selama puasa dan menjelang lebaran ini memang diperkirakan akan mengalami kenaikan. Karena itu telah disdiakan sebanyak 2 juta ekor ayam dan 2.500 ekor sapi untuk menghadapi melonjaknya kebutuhan daging ayam dan sapi tersebut.

Kepala Disnak Keswan Riau, Patrianov kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, dengan disiapkannya ayam sebanyak 2 juta ekor dan sapi 2.500 ekor maka diharapkan kebutuhan daging selama puasa dan menjelang lebaran ini akan segera tercukupi.

Dikatakannya, ayam potong dan sapi potong saat ini sudah disiagakan di rumah-rumah potong hewan. Selain itu ada juga perusahaan di Riau yang bisa memasok daging itu nanti. “Jadi persediaan daging sapi dan ayam di Riau boleh dikatakan aman,” ungkapnya.

Dia mengakui selama bulan Ramadhan ini memang terjadi kenaikan permintaan daging sapi di Riau. Hal ini dapat dilihat dari jumlah sapi yang dipotong mencapai 104 ekor. Padahal pada hari biasa jumlah daging yang dipotong hanya 40-50 ekor, atau naik 100 persen.

Menyinggug kemungkinan beredarnya daging gelonggongan dan aging sapi impor ilegl, Patrianov memastikan hal itu sudah diantisipasi. Sebab setiap hari pihaknya menurutkan petugas untuk melakukan pemantauan dan mengawasi adanya daging bermasalah seperti itu.

“Alhamdulillan dari pemantauan yang telah kami lakukan di beberapa pasar, baik di Pekanbaru maupun di kota-kota lainnya, tidak ada ditemukan daging seperti itu. Daging yang beredar di Riau tetap aman dan terhindar dari daging bermasalah,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait