Perdagangan Jadi Kreditor Terbesar di Bank Indonesia Pekanbaru

684 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pada kuartal I ini sektor perdagangan merupakan penerima kredit terbesar di Bank Indonesia Kantor Pekanbaru. Dari sembilan sektor penerima kredit, sektor perdagangan menduduki peringkat pertama dengan jumlah kredit sebesar Rp3,51 triliun.

Dalam kuartal I tahun 2008 ini Bank Indonesia Kantor Pekanbaru sudah menyalurkan kredit sebesar Rp16,51 triliun untuk sembilan sektor. Jumlah itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan kuartal I tahun 2007 lalu yang hanya Rp 14 triliun.

Peneliti Ekonomi Madya Bank Indonesia Kantor Pekanbaru, M Nur kepada wartawan di Pekanbaru menyebutkan jika sektor perdagangan berada pada posisi pertama, sedangkan sektor pertanian berada di sektor kedua dengan jumlah kredit sebesar Rp 3,40 triliun.

Kemudian sektor industri berada pada posisi ketiga dengan jumlah kredit Rp1,62 triliun, sektor jasa berada pada urutan keempat sebesar Rp1,21 triliun, sektor konstruksi diurutan kelima sebesar Rp 600 miliar, lalu sektor listrik, gas dan air merupakan yang paling kecil.

Dia menyebutkan, kalau dilihat dari PDRB, maka terlihat arah dari penyaluran kredit sudah mulai searah. Maksudnya dominasi PDRB pertanian dan perdagangan berbeda tipis sekali. “Kadangkalanya pada triwulan tertentu pertanian bisa menduduki peringkat pertama,” tambahnya.(Ad)

Posting Terkait