Peralihan Musim Meninggikan Gelombang Perairan Sumatera

537 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masa pergantian musim masih berjalan dan mempengaruhi sejumlah perairan di wilayah pulau Sumatera. Pengaruh pergantian cuaca bagi perairan berupa naiknya ketinggian gelombang laut. Seperti di wilayah perairan kepulauan Riau (Kepri), BMG mendapatkan ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter Minggu (7/09) ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, ketinggian gelombang itu terjadi di wilayah kepulauan Natuna, Tarempa, Matak dan sekitarnya. Selain akibat angin kencang dan cuaca buruk, tekanan rendah di beberapa wilayah perairan lainnya juga menjadi penyebab gelombang tinggi tersebut.

Tekanan rendah juga terjadi di wilayah perairan laut Samudera Hindia atau disekitar wilayah barat pulau Sumatera. Tekanan rendah itu meningkatkan gelombang di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera mencapai 2 hingga 3 meter.

Bahkan angin kencang akibat tekanan rendah itu juga menimbulkan hujan ke beberapa daratan provinsi pulau Sumatera. Akibat hujan itu, tercatat beberapa wilayah provinsi di pulau Sumatera mengalami banjir dua hari terakhir. Namun BMG mendapatkan intensitas gelombang dan cuaca buruk serta hujan itu sedikit mereda hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait