Perairan Bengkalis dan Selat Panjang Meninggi

593 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perairan Bengkalis dan Selat Panjang Provinsi Riau mengalami gelombang pasang, Rabu (4/03/2009) ini. Ketinggian maksimum air laut yang menjadi gelombang pasang tersebut mencapai 1,25 meter. Keadaan itu dinilai relatif mengancam pelayaran, khususnya kapal-kapal kecil yang sering digunkan nelayan untuk melaut. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, laut pesisir Riau berhubungan erat dengan perairan Provinsi Kepulauan Ri (Kepri). Kondisi ini membuat perairan Riau rawan dipngaruhi oleh gelombang dari Kepri.

Dimana Perairan Kepri sangat dekat dengan Laut Cina Selatan yang sering mengalami tekanan rendah atau cauaca buruk berupa angin kencang. Sehingga pengaruhnya cukup banyak bagi perairan Riau. Staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, ketinggian rata-rata gelombang antara 0,75 meter hingga 1,25 meter di pesisir Riau hari ini.

Sejumlah perairan yang mengalami gelombang 1,25 meter tersebut akan cukup dirasa oleh nelayan yang menggunkan kapal kecil untuk melaut.(Surya)

Posting Terkait