Penulis “Pulau Sicaram” Dinobatkan sebagai Sutradara Terbaik

623 views

MEDAN (RiauInfo) – Salimi Yusuf, penulis “Di Pulau Sicaram” Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau dinobatkan sebagai sutradara terbaik pada Festival Pertunjukan Rakyat Pekan Informasi Nasional di Kota Medan Sumatera Utara.


Penghargaan terbaik ini dikatakan Ketua Dewan Juri Festival Pertunjukan Rakyat Aminsar Hutahuruk saat mengumumkan hasil yang diraih masing masing grup dari sembilan provinsi di Indonesia, Ahad Malam (26/5) di Lapangan Merdeka Kota Medan. Sementara itu menurut Aminsar, grup Sanggar Indragiri Muda “Di Pulau Sicaram” Karya Salimi Yusuf ini meraih posisi harapan Satu.

Ia menambahkan, Festival Pertunra yang berlangsung hanya dua malam dari 25 sampai dengan 26 Mei 2013 di Sumut ini bukan dinilai dari sisi menang atau kalah, tapi hanya melakukan penilaian keterpaduan dan keserasian pesan atau informasi yang disampaikan, cerita, musik dan tari yang ditampilkan oleh masing masing grup pertunjukan Rakyat. Menurut dewan juri penilaian peringkat ini diklasifikasikan menjadi tiga, terbaik, harapan dan hiburan.

Disebutkannya, terbaik Satu di raih grup Provinsi Sumatera Utara, terbaik dua Provinsi Jawa Barat, dan terbaik tiga Provinsi Papua. Sedangkan pada klasifikasi harapan; Provinsi Riau memperoleh harapan satu, harapan dua diraih Provinsi Jawa Tengah dan harapan DI Yogyakarta. Sementara untuk peringkat hiburan diraih oleh masing masing provinsi; hiburan satu Provinsi Kalimantan Barat, hiburan dua Provinsi Jambi dan hiburan tiga Provinsi Sulawesi Barat.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Media Kementerian Komunikasi Informatika Republik Indonesia pada saat menutup Festival Pertunra Pekan Informasi Nasional mengatakan, penilaian keberhasilan oleh masing masing grup ini tidak saja dinilai dari sisi keindahan penampilannya saja, tapi banyak sisi yang menjadi penilaian oleh dewan juri. Pesan yang disampaikan, musik, cerita dan tari. Keterpaduan beberapa unsur inilah yang membedakan perolehan peringkat masing provinsi.

Ia menambahkan; pada Festival Pertunra kali ini panitia menyerahkan piala, piagam dan dana pembinaan untuk masing masing grup. Dana pembinaan diberikan berdasarkan peringkat yang diraih. Sebagai contoh katanya untuk peringkat terbaik pertama 15 juta rupiah.

Pekan Informasi Nasional yang merupakan event tahunan kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka Kota Medan ini dilaksanakan multi event ini dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring. Pembukaan itu dibuka dengan menabuh Gondang Sembilan oleh Menteri Kominfo didampingi Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Walikota Medan dan petinggi petinggi Kominfo RI.

Pekan Informasi Nasional tahun 2013 ini mengusung tema “Dengan Pekan Informasi Nasional Kita Tumbuhkan Semangat Harkitnas untuk Membangun Bangsa yan Maju, Demokratis, Cerdas dan Maju”. PIN yang berlangsung 24 – 28 Mei 2013 ini menggelar multi kegiatan dan program antara lain festival pertunra, pameran, seminar, temu Wicara, aneka lomba, dialog interaktif TV dan Radio. (MC Riau)

Posting Terkait