PENGURUSAN KTP Di Jateng Hanya 4 Menit, di Pekanbaru Bisa 4 Bulan

601 views

SEMARANG (RiauInfo) – Mungkin aparat di Pemko Pekanbaru perlu melakukan studi banding ke Jawa Tengah soal pengurusan KTP dan KK. Pasalnya banyak warga Pekanbaru yang melakukan pengurusan KTP atau KK mengeluh karena memakan dana besar dan waktu lama, mencapai 4 bulan.

Padahal di Jawa Tengah, pengurusan KTP atau KK sangat murah dan hanya memerlukan waktu singkat. Hanya dengan bermodalkan uang sebesar Rp5.000, warga bisa mengurus KTP hanya dalam sekitar 2 menit selesai. Begitu pula pengurusan akte kelahiran juga hanya Rp5.000 dalam waktu 4 menit.

Wartawan RiauInfo, Anthony Harry dari Semarang melaporkan, mudahnya pengurusan KTP di daerah ini sejalan dengan program Rakyat Terdaftar Negara Aman (RATNA). Masyarakat digenjot punya motivasi tinggi untuk memiliki identitas pribadinya.

Dengan program tersebut, pemerintah setempatpun memberikan kemudahan yang semudah-mudahnya kepada masyarakat dalam mengurus KTP. Bahkan masyarakat tidak perlu bersusah payah datang ke kantor kecamatan untuk pengurus KTP, karena petugas kecamatan yang langsung ke tempat mereka.

Saat Presiden SBY berkesempatan datang ke Tawangmangun saat layanan RATNA itu diluncurkan, sempat menyaksikan kecepatan pelayanan ini. Dalam waktu 2 menit 20 detik, KTP selesai. Hanya dalam 4 menit 20 detik, KK juga sudah selesai.

Atas kecepatan layanan itu, Rekor MURI memberikan penghargaan khusus kepada pemerintah setempat. Sebab di kota-kota lain, pembuatan KTP bisa berbulan-bulan lamanya. Bahkan di Kota Pekanbaru bisa memakan waktu 4 bulan lebih dengan mengeluarkan dana cukup besar.(ad/tony)

Posting Terkait