Penguasaan Bahasa Asing Penting Hadapi Era Global

542 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk memacu SDM yang siap menghadapi tantangan global secara berkualitas diperlukan suatu strategi pendidikan. Terkait masalah ini, Badan Informasi Komunikasi dan Kesatuan Bangsa (BIKKB) Riau menggelar Forum komunikasi kehumasan.

Seminar sehari ini dibuka oleh kepala BIKKB Riau, Said Amir Hamzah dan dihadiri oleh Drs. Subagio yang menjabat Direktur SKDI dari Departemen Kominfo RI. Sedang peserta terdiri dari utusan sekolah dan perguruan tinggi, ormas/LSM serta instansi lainnya yang berada di lingkungan pemprov Riau.

Dalam forum ini, terungkap daya saing SDM lulusan pendidikan di Riau lemah dibanding lulusan sekolah luar provinsi negeri Lancang Kuning ini. Untuk menghadapi Era Global saat ini, sangat diperlukan sekali penguasaan bahasa asing khusunya para tenaga pengajar di sekolah.

Upaya meningkatkan keterampilan bahasa asing bagi para tenaga pendidik ini juga telah dilakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Peserta program pelatihan bahasa asing ini pun difasilitasi oleh Disdiknas provinsi Riau. Namun terkendala dengan minat para peserta yang kian berkurang mengikutinya.

“Kita telah menggelar pelatihan dan mendatangkan tenaga pengajar dari luar yang profesional. Sejak dibukanya kesempatan tersebut, kian hari pesertanya malah semakin berkurang. Ini menunjukkan minat para guru yang ingin meningkatkan SDM bahasa asingnya sangat minim,”ujar Wardan dari Dinas Pendidikan provinsi Riau.

Selanjutnya, peningkatan SDM bagi guru yang dilakukan oleh Disdik Riau seperti memfasilitasi kenaikan status para guru dari pendidikan Diploma II (D2) menjadi Strata I (S1). Sejauh ini pemprov Riau melalui Disdik Riau telah menyekolahkan sebanyak 10.000 orang lebih dalam peningkatan status pendidikan tersebut. Secara nyata, Disdik Riau mendapatkan kelemahan mendasar pembelajaran di sekolah-sekolah adalah kurangnya penerapan ilmu secara aplikatif.

Sementara itu, Azhar Lahman dari Infokom BIKKB Riau mengatakan, dengan adanya forum ini diharap akan terwujud suatu koordinasi yang aplikatif serta realistis antar pihak terkait. Sehingga tujuan untuk meningkatkan SDM yang siap menghadapi tantangan global secara berkualitas akan tercapai di masa datang.(Surya)

 

Posting Terkait