Pemudik Penggunaan Angkutan Umum di Riau Turun 37 Persen

PEKANBARU (RiauInfo) – Musim mudik lebaran tahun ini diperkirakan jumlah pemudik di Riau yang menggunakan jasa angkutan umum darat mengalami penurunan drastis mencapai 37 persen dibandingkan tahun lalu. Penurunan ini disebabkan banyaknya pemudik yang menggunakan motor dan mobil pribadi. 

Kepala Dinas Perhubungan Riau Feizal Qomar kepada wartawan di Pekanbaru membenarkan adanya penurunan tersebut. “Tahun ini pemudik yang menggunakan angkutan umum memang menurun. Penurunannya bahkan sangat drastis mencapai 37 persen dibandingkan tahun 2007 lalu,” ungkapnya.

Penurunan ini disebabkan banyaknya pemudik yang menggunakan motor dan mobil pribadi. Disamping itu ada pula yang memanfaatkan mudik basamo yang digelar berbagai pihak. “Jadi otomatis yang menggunakan angkutan umum jadi berkurang,” tambahnya.

Disebutkannya untuk memperlancar arus mudik di wilayah Riau, pihaknya telah menyiapkan armadanya pada titik-titik rawan. “Ini dimaksudkan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat menghadapi liburan” ungkap Feisal lagi.

Disebutkannya, masyarakat juga dapat memanfaatkan pos-pos informasi yang telah disiapkan oleh tim lebaran. “Pos-pos informasi ini bisa dimanfaatkan jika aa pemudik yang menghadapi masalah selama dalam perjalanan,” jelasnya lagi.(Ad)

Rizki: