Pemko Percepat Perkembangan Raphys Exelsa

655 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk memenuhi permintaan ekspor tanaman hias Raphys Exelsa, Walikota (Wako) Pekanbaru, Herman Abdullah, meminta Dinas Pertanian (Distan) Pekanbaru menyediakan lahan siap pakai untuk pengembangan tumbuhan tersebut. Permintaan itu menyusul peluang ekspor tanaman itu kain meningkat dari negara-negara Eropa, Korea Selatan, Qatar dan Uni Emirat Arab.

“Ya, kita minta Distan memprogramkan lahan mana saja yang dapat dijadikan kawasan pengembangan tanaman hias Raphys Exelsa di daerah ini. Sebab tanaman yang mudah berkembang di Pekanbaru dan cukup digemari di luar negeri,” ujar Wako saat mengunjugi kelompok tani pengembang tanaman hias Raphys Exelsa di Kelurahan Tangerang Timur, Tenayan Raya.

Menurut Walikota Herman Abdullah, kerjasama pengembangan tanaman itu dapat ditingkatkan dengan kerjasama ke berbagai yayasan atau pondok pesatren yang lahannya masih kosong. Selain itu, Balai Penyuluhan pertanian juga dapat menjadi tempat pengembangan Raphys Exelsa.

Disebutkan Herman, Pemko Pekanbaru dengan program Distan akan lounching ekspor tanaman hias Raphys Exelsa ke Belanda pada 26 JAnuari 2010 mendatang.(Surya/mtr)

Posting Terkait