Pembukaan PON XVIII Diundur

662 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII kemungkinan besar akan mengalami pemunduran jadwal, dari rencananya 9 September 2012 berubah menjadi 11 September 2012. Hal ini disebabkan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono yang akan membuka PON tersebut sedang berada di luar negeri.

Kemungkinan mundurnya jadwal acara pembukaan PON tersebut disampaikan Gubernur Riau HM Rusli Zainal saat memimpin Rapat Koordinator Antar Bidang dan Sub PB PON XVIII, Jumat (22/6) di Hotel Pangeran, Pekanbaru. “Presiden telah beritahu ke kita, bahwa pada tanggal 9 September itu beliau sedang berada di luar negeri,” jelasnya.

Menurut Rusli kepergian Presiden SBY ke luar negeri tidak mungkin dihindari, karena pertemuan yang dihadirinya sangat penting dan dihadiri banyak negara-negara di dunia. “Jadi presiden jauh0jauh hari sudah beritahu kita bahwa beliau akan membuka acara pembukaan PON ini pada tanggal 11 September,” ungkapnya.

Meskipun acara pembukaan PON akan diadakan 11 September namun itu tidak akan merubah jadwal pertandingan cabang-cang olahraga di PON. “Jadwal pertandingan tetap seperti yang telah ditetapkan semula, hanya acara pembukaannya saja yang kita mundurkan menjadi tanggal 11 September,” tambah Rusli.

Rusli yang juga Ketua Harian PB PON ini menyebutkan, sebenarnya tanggal 9 September itu merupakan jadwal yang tepat karena bertepatan dengan Hari Olahraga dan bertepatan dengan Ultah Presiden SBY. “Tapi karena presiden harus menghadiri pertemuan di luar negeri, jadwal pembukaan POn terpaksa diundur dua hari,” jelasnya lagi.

Sementara itu dari Rapat Koordinasi dengan Sub PB PON dari kabupaten/kota penyelenggara PON XVIII, diketahui persiapan yang telah dilakukan sudah mendekati rampung. Misalnya saja, kabupaten Siak yang menyelenggarakan cabang olahraga sepatu roda dan balap sepeda, venuesnya sudah selesai 95 persen.

Ketua Sub PB PON Kabupaten Siak, Syamsuar yang juga Bupati Siak, dalam kesempatan ini mengatakan, venue-venue yang akan digunakan untuk PON ini dipastikan selesai menjelang PON. Bahkan sebelum PON digelar, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan test event. “Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan test event,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Kabupaten Bengkalis, Asmaran Hasan yang menyebutkan daerahnya sudah siap untuk menggelar beberapa cabang olahraga, yakni Arung Drajat, Voli Pantai dan Layar. “Kami sudah menyiapkan venue-venuenya, dan dipastikan sudah siap digunakan untuk PON mendatang,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua I PB PON Riau, Emrizal Pakis mengatakan bahwa hampir seluruh venue yang akan digunakan untuk PON hampir rampung, dan tidak ada masalah lagi. “jadi tidak ada satupun cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XVIII ini dipindahkan ke provinsi lain,” tegasnya.(rls)

Posting Terkait