Peluang Hujan Meluas Hingga Esok Pagi

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah wilayah Riau masih luas peluang hujan pada sore, malam, dini hari hingga esok pagi. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang itu, berpeluang di wilayah Riau bagian Barat, bagian Tengah dan bagian Selatan. Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendapatkan pusaran angin membentuk awan masih terjadi di Riau. Sehingga peluang hujan tersebut masih tinggi.

Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih mengatakan, saat ini sedang terjadi sejumlah gangguan tekanan udara dari Benua Asia menuju Benua Australia. Aliran udara tersebut melewati sejumlah wilayah Sumatera, termasuk di Riau.

Bahkan, perputaran angin dari Benua Asia menuju Benua Australia tersebut berada diatas wilayah Riau. Sehingga Riau rawan mengalami hujan serta angin dan petir. Namun untuk hari ini, BMKG menangkap peluang hujan hanya berintensitas ringan dan sedang.

Arah angin masih dominan dari arah Barat Laut menuju ke Timur Laut. Sementara itu, temperatur maksimum mencapai 33 derjat celsius sepanjang siang ini di Riau. Cuaca cerah berawan juga mewarnai Riau siang tadi. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih ada di tiga daerah.

Titik api terdapat di daerah Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 6 titik, Kampar dan Siak masing-masing 2 titik. Sehingga junmlah karhutla Riau mencapai 10 titik hari ini.

“Cuaca cerah berawan masih terjadi siang tadi di Riau. Sedangkan hujan ada peluang pada malam, dini hari hingga esok pagi. Makanya titik api juga masih bisa terjadi di sejumlah daerah Riau hari ini,”terang Warih kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

Rizki: