PASCA LEBARAN NORMAL… Kebutuhan Daging Lebaran Meningkat 30 Persen di Pekanbaru

537 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebutuhan daging sapi kembali normal di Kota Pekanbaru hingga pasca lebaran 2009 ini. Dinas perternekan Kota Pekanbaru menyatakan kebutuhan daging sapi masih sekitar rata-rata sekitar 30 ekor sapi perharinya. Sedangkan kenaikan kebutuhan daging sapi hanya mencapai 30 persen saat jelang lebaran.

“Berdasar jumlah penyembelihan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH-red), saat ini kebutuhan daging api masih normal sekitar 30 hingga 32 ekor sapi dengan hasil daging sekitar 7 ton setiap harinya. Peningkatan terjadi jelang akhir ramadan dan pada saat hari raya idul fitri mencapai 25 hingga 30 persen daging sapi,”ungkap Kepala Dinas Perternakan Kota Pekanbaru Sentot Djoko Prayitno melalui kepala Bidang Perternakan Riyantoni, Rabu (7/10/09) di Pekanbaru.

Untuk kebutahan lebaran ini RPH juga dinilai siap memenuhi peningkatan permintaan pasar. Dinas Perternakan Pekanbaru juga menegaskan, RPH Pekanbaru merupakan produksi daging yang aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga tidak ada daging palsu atau daging gelonggongan dari RPH Pekanbaru.

Dinas Perternakan juga menghimbau warga agar segera melaporkan jika ada menemukan dan melihat daging yang mencurigakan di pasaran. Disnak Pekanbaru mencatat kebutuhan daging pada selama Agustus 2009 yang termasuk awal ramadan mencapai 242.206 kg/hari. Padahal, pada bulan sebelumnya, kebutuhan daging Pekanbaru hanya mencapai 212.364 kg/harinya.

Dari peningkatan awal ramadan tersebut, Disnak Pekanbaru mencatat hanya 25 hingga 30 persen kenaikan kebutuhan daging sapi di Pekanbaru. Dengan rata-rata RPH menyembelih mencapai 42 ekor sapi saat kenaikan kebutuhan daging pada hari H-3 dan pada lebaran tahun ini.(Surya)

Posting Terkait