Pasar Lelang Agro Resmi Berlangsung di Pekanbaru

623 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pasar lelang agro secara resmi berlangsung Rabu (11/11/09) ini di Pekanbaru. Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau, Herliyan Saleh secara langsung membuka Pasar Lelang Forward Komoditi Agro yang berlangsung di hotel Pengeran tersebut.

Para peserta yang umumnya pelaku usaha agro memajang dan menawarkan produk komoditi agro di stan yang disediakan panitia.

Herlian Saleh mengatakan, pasar lelang sebagai wadah untuk mempertemukan penjual dan pembeli merupakan agenda yang telah terbukti meningkatkan daya saing komoditi agro. Dimana, salah satu tujuan pasar lelang dalah memberikan kepastian pasar dan harga bagi pelaku usaha terhadap komoditi agro.

“Sebagaimana program pemerintah untuk mendukung pasar domestik (dalam negeri-red), maka pasar lelang telah mulai memberikan kontribusi bagi program tersebut,”ungkap Herliyan Saleh dalam sambutan pembukaan pasar lelang.

Sementara itu, Kabid perdagangan dalam negeri Hamsani Rahman mendampingi Herliyan Saleh, pasar lelanga sebagai wadah dan media bagi memajukan produk lokal berbasis agro telah berjalan di Riau dengan sukses pada tahun sebelumnya. Termasuk pada tahun ini, Disperindag telah mencatat miliaran transaksi dari tiga kali menggelar pasar lelang agro beberapa bulan silam.

“Tujuan pasar lelang ini untuk mempersingkat mata rantai pemasaran produk, sehingga terjadi harga yang relefan. Selanjutnya memberikan kepastian harga secara langsung dari yang mempunyai produk ke pembeli. Dan yang ketiga adalah untuk jaminan pasar bagi produk dalam negeri, baik yang berbasis lokal maupun dengan kualitas ekspor,”terang Hamsani.

Peserta pasar lelang terkahir tahun ini dihadiri oleh pelaku usaha dari Sumbar, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Jawa Timur.(Surya)

Posting Terkait