Pameran Seni Rupa “RUANG JAKARTA” di Galeri Nasional Indonesia

1959 views

Pameran Seni Rupa Ruang Seni Jakarta 2014

JAKARTA (RiauInfo) – Galeri Nasional Indonesia sebagai lembaga museum seni yang bernaung di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program Pameran Temporer yang secara khusus menampilkan karya dari para Perupa di tanah air, antara lain Pameran Seni Rupa Nusantarayang berlangsung setiap 2 (dua) tahun sekali dan pameran karya Perupa yang berasal dari satu wilayah (provinsi) yang bergulir dan bergantian setiap tahunnya.

Diantaranya pernah digelar karya-karya Perupa dari Lampung, Lombok (NTB), Borneo (Kalimantan), Jawa Timur, Semarang (Jawa Tengah), dan Banten. Tujuan dari pameran ini tentunya untuk mewadahi dan mempresentasikan potensi dan kreatifitas para Perupa daerah agar dapat berinteraksi dan diapresiasi oleh masyarakat yang lebih luas dalam skala nasional.

Pada tahun 2014 ini Galeri Nasional Indonesia akan menyelenggarakan Pameran Seni Rupa “RUANG JAKARTA” yang menampilkan karya-karya dari 44 Perupa Jakarta, khususnya para seniman yang berdomisili dan aktif berkesenian di wilayah Jakarta. Antara lain terdapat karya Hanafi, Arie Kadarisman, KP Hardi Danuwijoyo, Irawan Karseno, Oki Arfie, Hardiman Radjab, Masagoeng, Odjie Lirungan dan beberapa Perupa Jakarta lainnya. Pameran berlangsung mulai tanggal 22–31 Agustus 2014 di Gedung C Galeri Nasional Indonesia.

Tema Pameran “Ruang Jakarta” dipilih oleh Kurator Asikin Hasan beserta Bayu Genia Krishbie dimaksudkan untuk mengangkat Jakarta sebagai ruang yang di dalamnya terdapat berbagai macam fenomena. Jakarta merupakan kota yang tidak pernah mati atau selalu mengalami pergerakan sepanjang waktu dan sepanjang zaman. Jakarta selalu menjadi titik mula pelbagai perubahan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Jakarta juga menjadi kota dengan daya magnet yang kuat terkait lapangan kerja, arus ekonomi, aktivitas sosial politik, serta infrastruktur budaya.

Tak hanya itu, Jakarta identik dengan penduduk yang penuh sesak, kemacetan lalu lintas di pelbagai penjuru jalan, dan bermacam-macam permasalahan lainnya. Berbagai fenomena yang kompleks tersebut menjadi inspirasi untuk memunculkan ide dan kreativitas dari para Perupa Jakarta, untuk dituangkan dalam bentuk karya seni rupa, khususnya karya seni rupa 2 (dua) dimensional dan 3 (tiga) dimensional yang berupa lukisan, patung, seni cetak, seni kriya, fotografi, video art, object, seni instalasi, dan karya seni rupa lainnya.

Melalui pameran ini, diharapkan para Perupa Jakarta melalui karya-karyanya, menjadi media maupun secara hubungan personal mampu berinteraksi membangun semangat bersama untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang inspiratif dan aspiratif terhadap seni budaya. (rls)

 

Lihat poster:

Posting Terkait