PAKAIAN TRADISIONAL MELAYU “Harus Kita Sosialisasikan Sejak Dini”

745 views
news2313PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Tim Penyusun Buku Pakaian Tradisional Melayu Riau, Drs.H.OK. Nizami Jamil, mengatakan demi menduniakan budaya melayu ke tengah masyarakat sosialisasi budaya melayu harus ditanamkan sejak dini. Dengan adanya “Pakaian Tradisional Melayu” khasanah budaya dan adat istiadat leluhur dapat diwarisi.

“Memang saya akui saat ini masyarakat banyak berpakaian melayu tapi tak tahu cara berpakaian melayu yang benar dan baik. Makanya, hal ini harus ditanamkan dan diperkenalkan kepada generasi penerus di Riau,” ungkap OK. Nizamil Jamil kepadaRiauInfo di Atrium Mall Pekanbaru, Sabtu (8/9).

Menurut OK, dengan adanya Pakaian Tradisional Melayu dapat menjadi bukti yang juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan ke Bhinneka-an Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar. Hasil penelitian mengenai Pakaian Tradisional Melayu Riau barulah dalam tingkat awal yang memerlukan penelitian lebih mendalam.

Adapun filosofi yang terkandung dalam pakaian tradisional adat Melayu Riau, karena adat istiadat Melayu Riau bersumber kepada pokok ajaran agama islam. “Maka nilai-nilai luhur ajaran itu terpancar pula di dalam Pakaian Tradisional Melayu. Nilai luhur itulah menjadi acuan dan landasan filosofi. Walaupun sebagian kecil ada pula unsur-unsur kepercayaan lama yang melekat,” katanya.

Sebagaimana telah ditentukan oleh adat. Setiap unsur yang dianggap menyalahi atau menyimpang dari ajaran islam segera di buang atau diluruskan sesuai ajaran Islam. “Saya rasa kegiatan seperti ini sangat bagus dilaksanakan di tempat keramaian. Sehingga sosialisasi yang kita inginkan dapat berjalan dengan baik. Dan masyarakatpun tahu tata cara berpakaian melayu yang benar dan baik,” katanya mengakhiri. (Dd)




Posting Terkait