MK LABOR LUNCURKAN SIS-LO Siswa Bolos Langsung DIketahui Orang Tua

585 views
MK LABOR LUNCURKAN SIS-LO

MK LABOR LUNCURKAN SIS-LO

PEKANBARU (RiauInfo) – Memanfaatkan teknologi sebagai media pendukung bagi terselenggarannya proses belajar mengajar, SMK Labor Binaan FKIP Universita Riau luncurkan Sistem Informasi Sekolah – Labschool Online (SIS-LO) di hotel Furaya, Rabu (21/04/2010).

Peluncuran SIS-LO bertepatan dengan acara perpisahan siswa, ditandai dengan pengiriman SMS Gateway kepada seluruh siswa tingkat 12, guru dan orang tua siswa SMK Labor yang dikirimkan melalui SIS-LO oleh Kepala DInas Pendidikan Kota Pekanbaru, Yuzamri Yakub didamping kepala Sekolah SMK Labor Drs. Hendri Pides, Msi dan Ketua Komite Sekolah Drs. Alvian Jeromi, MM.

Sistem informasi berbasis jaringan tersebut memiliki kemampuan sebagai mediator pengontrol seluruh kegiatan di sekoah dengan tiga kemampuan utama, yaitu SIstem Informasi siswa, Menajemen Sekolah dan Orangtua yang mengacu kepada standar ISO 9001:2008.

“SIS-LO ini memang dirancang terintegrasi, sehingga masing-masing pihak yang terkait didalamnya dapat melakukan interaksi guna menunjang system penididikan,” ucap Jefri Hunter, Programmer Analist Labshool Net.

Lebih rinci Jefri menuturkan, integrasi SIS-LO memungkinkan siswa untuk melihat langsung nilai ujian mereka secara online dan dapat mengatur kapan waktunya siswa harus melakukan perbaikan nilai pada mata pelajaran yang memiliki nilai tidak mencukupi standar.

“Formatnya, ada interaksi antara siswa dan guru bersangkutan bila memang terdapat masalah pada nilai siswa. Kemampuan ini memungkinkan siswa dapat memperbaiki nilainya lebih cepat dibandingkan cara manual,” imbuhnya

Untuk pengelolaan menajemen sekolah, SIS-LO dilengkapi dengan Informasi keuangan, Menajemen Nilai dan segudang informasi laporan standar baku KTSP dan ISO 9001:2008. “Keuntungannya, kapanpun dibutuhkan dan apa saja informasi yang dibutuhkan secara internal maupun eksternal, dapat kita sajikan tanpa perlu membongkar arsip seperti yang terjadi sebelum system ini digunakan,” ucap Jefri lagi.

Bagi orang tua, secaa berkala mereka juga akan mendapatkan laporan secara otomotis melalui fasilitas SMS Gateway yang terinstal pada SIS-LO. Misalnya bila siswa telah membayar uang sekolah, orang tua akan menerima sms konfirmasi pembayaran lansung ke ponsel mereka. Begitu juga bila anak tersebut tidak masuk sekolah.

“Karena SIS-LO juga terintegrasi dengan absensi elektronik siswa, jadi saat siswa tidak melakukan absensi atau terlambat masuk, system langsung menginformasikannya langsung ke ponsel orang tua siswa,” tambah Jefi lagi.

Yuzamri Yakub dalam sambutannya memberikan tanggapan positif terhadap peluncuran SIS-LO. Beliau berharap system tersebut dapat dikembangkan karena sangat besar manfaatnya bagi pelaksanaan menajemen sekolah.

Ditemui usai acara, Kepala Sekolah SMK Labor Drs. Hendri pides Msi mengatakan SIS-LO sudah menjadi target kerja sekolah mereka. “Perancangan dan uji coba SIS-LO sudah kita mulai sejak dua tahun silam dan baru rampung tahun ini. Dalam pengerjaannya, system ini tidak menggunakan tenaga ahli dari luar, namun langsung dikerjakan oleh guru-guru jurusan Teknik Informasi dibantu oleh siswa,” ungkapnya.

Bagi Hendri pides, keuntungan lain yang dirasakannya adalah ketika harus mengumukan hasil kelulusan siswa tingkat 12. Pihaknya justru melarang siswa datang ke sekolah, namun cukup melihatnya melalui situs sekolah saja atau menerima pesan langsung melalui sms saja.

“Jika sudah demikian, ini dapat mencegah siswa untuk melakukan konvoi dijalan raya seerti kebiasaan setiap usai pengumuman kelulusan. Sudah dua tahun ini kita lakukan pola tersebut dan ternyata berhasil sehingga tida satupun siswa kita yang terlibat dalam konvoi serta aksi coret baju,” ungkapnya.(ad/rls)

Posting Terkait