MENYUSUL CUACA CERAH DAN SUHU TINGGI… 133 Titik Api Tersebar di 9 Provinsi

PEKANBARU (RiauInfo) – Ratusan titik kebakaran hutan dan lahan kembali menjamur di wilayah Pulau Suamtera, Kamis (23/7/09) ini. Sedikitnya 133 titik api dinyatakan menyala dan tersebar di 9 provinsi wilayah Pulau Sumatera, termasuk Riau. Provinsi Sumatera Selatan tercatat terbanyak mengalami kebakaran hutan dan lahan dengan 44 titik api.

Sedangkan Provinsi Riau sendiri diurutan kedua terbanyak dengan 33 titik api. Selanjutnya satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 merekam sebanyak 30 titik api lagi menyala di daerah provinsi Jambi.

Sementara itu, daerah Provinsi Sumatera Utara hanya menjadi korban 13 titik kebakaran hutan dan lahan. Di Provinsi Bangka Belitung tercatat sebanyak 7 titik api. Sedangkan Provinsi Bengkulu juga menjadi korban 3 titik kebakran htuan dan lahan. Tidak ketinggalan Provinsi Aceh, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau masing-masing dengan 1 titik. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan mencapai 133 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini. Jumlah tersebut kembali meningkat dibanding 52 titik api di Sumatera Rabu kemarin.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Warih mengatakan, jumah titik api sering bertambah menyusul cuaca cerah atau berawan dengan temperatur tinggi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Seperti Riau hari ini mengalami cuaca cerah dengan temperatur maksimum mencapai 34 derjat celsisus sepanjang siang tadi. Sehingga perkembangan jumlah titik api masih perlu diwaspadai.(Surya)

 

Rizki: