Meneg BUMN Letakkan Batu Pertama Pembangunan Venues Tenis

PEKANBARU: Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar didampingi Gubernur Riau HM Rusli Zainal dan Dirut PTPN V Fauzi Yusug melakukan peletakan batu pertama pembangunan venues tenis indoor dan outdoor di kawasan Kantor PTPN V Jalan Rambutan Pekanbaru, Kamis (16/12) sore.


Venues tenis yang akan dibangun dalam rangka waktu lebih kurang setahun ini berstandar internasional dengan luas bangunan 4.036 meter persegi dengan kapasitas menonton 5.600 orang. Sedangkan untuk outdoor akan dibangun sebanyak 7 lapangan dengan jumlah penonton 1.700 orang. Areal parkir venues tenis ini juga mampu menampung sebanyak 2.200 mobil.

Mustafa Abubakar dalam kata sambutannya mengatakan pembangunan venues tenis oleh PTPN V ini merupakan sumbangsih dari Kementrian BUMN untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekanbaru tahun 2012 mendatang. “Kita berharap PON nanti akan berjalan sukses,” ungkap dia.

Dia berharap venues tenis berstandar internasional ini nantinya terus dapat difungsikan, meskipun PON sudah selesai. Karena itu perawatannya harus dilakukan terus menerus, sehingga keberadaan venues ini bisa meningkatkan prestasi olahraga di Riau, terutama di cabang tenis.

Meneg BUMN juga mengungkapkan, perhatian pihaknya terhadap bidang olahraga ini memang sangat besar. Selain membantu PON Riau, pihaknya juga membantu pelaksanaan Sea Games yang akan digelar tahun 2011 mendatang. “Bantuan ini kami berikan dengan harapan Indonesia nantinya menjadi juara umum di Sea Games tersebut,” tandasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan bahwa ditunjuknya Riau sebagai tuan rumah PON XVIII akan memberikan manfaat besar bagi daerah ini. Kalau saja Riau tidak menjadi tuan rumah PON, Riau tidak akan pernah memiliki stadion-stadion berstandar internasional.

Karena itulah Riau akan sungguh-sungguh melakukan persiapan untuk suksesnya pelaksanaan PON XVIII yang tinggal lebih kurang setahun lagi ini. Saat ini sejumlah venues telah dipersiapankan, sebagian ada yang sudah rampung, dan sebagian lagi dalam tahap pembangunan, termasuk stadion utama tempat acara pembukaan PON.

Persiapan jauh-jauh hari ini, menurut Rusli Zainal perlu dilakukan agar lebih matang saat PON nanti. “China Taipe yang ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games 2013 telah bersiap-siap sejak sekarang dengan membuka stand di Asian Beach Games (ABG) 2010 di Muscat, Oman,” ungkapnya.(ad)

Rizki: