MENCAPAI 2 HINGGA 3 METER… Pesisir Barat Sumatera Juga Diancam Gelombang Pasang

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meyatakan perairan wilayah peisisr Barat Pulau Sumatera juga mengalami gelombang tinggi Minggu (14/12) ini. Gelombang maksimum mencapai 2 hingga 3 meter terjadi di sepanjang pesisir barat provinsi Aceh hingga di perairan provinsi Lampung. 

Kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Warih mengatakan, gelombang tinggi selalu muncul akibat musim hujan dalam akhir tahun. Peluang hujan serta pengaruh angin hembusan angin dari Barat menyuburkan pertumbuhan awan konvektif di sejumlah wilayah Sumaetra.

BMG menilai cuaca buruk akibat hujan dan angin kencang juga sangat dominan menaikkan permukaan air laut tersebut. Selain itu, tekanan rendah akibat badai Trhopis juga sering terjadi di sejumlah perairan Samuder Hindia yang berhadapan langsung dengan perairan pesisir Barat Pulau Sumatera. BMG mengaskan ketinggian gelombang mencapai 2 hingga 3 meter itu tergolong berbahaya bagi pelayaran di sepanjang pesisir barat Sumatera tersebut.(Surya)

Rizki: