Malaysia Juga Klaim Pulau Jemur di Riau

670 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Malaysia nampaknya makin membuat geram bangsa Indonesia. Setelah sejumlah pulau di wilayah Indonesia diklaim sebagai miliknya, kali ini Malaysia juga mengklaim gugusan Pulau Jemur yang berada di perairan Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Tidak tanggung-tanggung potensi pulau tersebut diduga sudah dimasukkan ke dalam penawaran objek wisata Malaysia melalui sebuah situs wisata negeri tersebut. Padahal gugusan Pulau Jemur itu selama ini masuk ke wilayah Indonesia, terutama Riau.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal merasa sangat heran dengan klaim Malaysia terhadap gugusan pulau tersebut. Karena itu, Gubri meminta instansi terkait meneliti lebih lanjut permasalahan ini, terutama kebenaran informasi ini.

“Saya memang belum mendengar kabar tentang klaim Malaysia, dan pulau mana yang mereka maksudkan. Kalau Pulau Jemur yang ada di Rokan Hilir, itu jelas milik Riau. Pulau itu menjadi ikon pengembangan pariwisata Riau,” tambah Rusli Zainal lagi.

Karena itu, Gubri berjanji akan mencek lebih jauh informasi tersebut. Jika memang ada informasi tersebut di sebuah situs pariwisara Malaysia, maka Pemprov Riau akan engambil tindakan tegas. Sebab sudah jelas-jelas pulau tersebut masuk wilayah Indonesia.

Untuk diketahui situs yang dipermasalahkan itu beralamat http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/p456617/pulau%20jemur.html. Dalam situs ini Pulau Jemur dipromosikan tempat wisata Malaysia yang menjanjikan untuk dikunjungi. Dalam situs ini juga diklaim pulau tersebut masuk ke wilayah Selangor.(ad)

Posting Terkait