Makan dan Minum di Tempat Umum Jadi Lumrah

729 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bila hari sebelumnya kegiatan makan dan minum cukup tabu d tengah orang sedang berpuasa Ramadhan, namun Sabtu (12/10) ini malah menjadi lumrah. Sebab selain ada yang masih menjalani ibadah puasa, sebagian warga saat ini sudah merayakan Idul Fitri.

Seperti yang terlihat di lingkungn Pasar Sail Pekanbaru, sebagian pedagang dengan cueknya merokok dan minum saat menjajakan dagangannya. Padahal sebagian dari pembeli yang datang ke pasar itu masih menunaikan ibadah puasanya.

Hal yang sama juga terlihat di tempat penjualan daging sapi di Jalan Hangtuah Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya. Para pedagang malah membekali dirinya dengan berbagai minuman kaleng dan nasi bungkus untuk makan siang.

Buyung (44) salah seorang pedagang mengaku hari ini sudah berlebaran mengikuti ketentuan Muhammadiyah. Tapi karena tuntutan ekonomi dia tetap mencari nafkah dengan berjualan. “Rasanya rugi juga kalau hari ini tidak berdagang, karena penmbeli justru paling ramai sekarang ini,” ungkapnya.

Karena tidak berpuasa lagi, tentunya tidak ada penghalang bagi dia untuk minum jika haus atau makan saat merasa lapar. “Ini minuman dan makanan untuk lebaran di rumah yang saya bawa kesini” ujar warga Kulim Atas ini sambil tersenyum ramah.(Ad)

 

Posting Terkait