Mahasiswa ITB Asal Riau Kunjungi Operasi Chevron di Minas

1564 views
CPI bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) memfasilitasi kunjungan mahasiswa dan mahasiswi ITB asal Riau ke fasilitas operasi Chevron di Minas beberapa hari yang lalu.

CPI bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) memfasilitasi kunjungan mahasiswa dan mahasiswi ITB asal Riau ke fasilitas operasi Chevron di Minas beberapa hari yang lalu.

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sektor pendidikan di Indonesia, SKKMigas-PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) memfasilitasi kunjungan mahasiswa dan mahasiswi ITB asal Riau ke fasilitas operasi Chevron di Minas beberapa hari yang lalu.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap kegiatan operasi minyak yang dikelola oleh Chevron di Riau, serta memberikan gambaran nyata terhadap ruang lingkup profesionalisme sesuai dengan kajian ilmu para peserta kunjungan.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 35 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan teknik ini, peserta diajak untuk meninjau kegiatan pengolahan minyak di fasilitas pengumpul minyak I Minas atau Gathering Station 1 (GS 1) CPI.

Guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kajian ilmu dan profesionalisme kerja, para peserta diberikan kesempatan untuk berjumpa dan berdiskusi dengan para pakar kebumian dan engineer Chevron. Dalam kesempatan tersebut para peserta banyak bertanya terkait topik diskusi pengolahan minyak seperti oil flow process, sub-surface dan surfactant.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas SBF (Soil Bioremediation Facility) milik PT CPI. Melalui fasilitas ini peserta belajar mengenai proses pengelolaan limbah yang dilakukan oleh CPI. Para peserta juga dikenalkan dengan metode bioremediasi atau penanganan limbah secara organik yang digunakan oleh CPI dalam menangani tanah berminyak.

Sebagai penutup, para peserta mendapat paparan singkat mengenai kepemimpinan yang diberikan oleh Ketua Ikatan Alumni ITB Komisariat Chevron Indonesia, Kukuh Kertasafari.

Yosefa, Ketua pelaksana kegiatan kunjungan Mahasiswa ITB menyampaikan kegembiraanya dapat memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa, tentunya menambahkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih mendalam di bidang industri minyak,” jelas Yosefa.

Salah satu peserta yang lain, Ibnu yang juga merangkap sebagai Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Riau berharap agar kedepannya PT.CPI memberikan pembicara yang lebih banyak untuk memfasilitasi kegiatan serupa. “Kegiatan ini, selain memberikan sudut pandang mengenai profesionalisme kerja juga memberikan motivasi yang positif untuk para mahasiswa,” pungkas Ibnu.(rls/ad)

Posting Terkait