LAPORAN DARI YOGYAKARTA Dubes Malaysia Kunjungi BKPBM

638 views

news6829YOGYAKARTA (RiauInfo) – Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM) kedatangan tamu istimewa pada Sabtu siang (18/10). Di sela-sela kesibukannya di Kota Yogyakarta, Dato‘ Zainal Abidin Muhammad Zain, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia bersama Abdul Halim Saruji, Director Malaysia Tourism Promotion Board menyempatkan diri mengunjungi kantor BKPBM di Jalan Gambiran No. 85 A.

Kunjungan ini disambut dengan ramah oleh Mahyudin Al Mudra, SH., MM. selaku Pemangku BKPBM, Yuhastina Sinaro S.ST.Par dan Hadi Kurniawan S.H.I., Humas dan Pelaksana Harian BKPBM, serta Nursaed Ali Ridho MA., Pimpinan Redaksi MelayuOnline.com.

Di awal kunjungan, kedua tamu dan rombongan dari Malaysia ini sengaja diajak berkeliling menjelajahi ruang demi ruang, untuk melihat kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh para pegiat BKPBM. Usai berkeliling, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang hangat.


“Kami merupakan lembaga swasta yang tengah mencoba mendokumentasikan, melestarikan, dan mengenalkan kebudayaan Melayu ke seluruh dunia,” papar Mahyudin Al Mudra, yang akrab di panggil MAM mengenai aktivitas BKPBM.

Baik Dato‘ Zainal maupun Abdul Halim menanggapi secara positif keberadaan lembaga yang berusaha melestarikan kebudayaan Melayu ini. “Kita tahu bahwa Melayu kaya akan budaya, namun jarang sekali yang mau mem-publish-nya. Banyak yang mengkaji budaya Melayu, tetapi jarang yang menyebarluaskan hasil kajiannya dengan lengkap seperti Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu ini,” tutur Dato‘ Zainal.

Di akhir acara, MAM menyerahkan kenang-kenangan kepada Dato‘ Zainal dan rombongannya, berupa buku Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahaan. Kedua belah pihak berharap, semoga kunjungan ini dapat menjadi pembuka hubungan kerjasama antara BKPBM dengan Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia dalam mengembangkan dan melestarikan kebudayaan Melayu.(ad/rls)

Posting Terkait