KPU Tawarkan Pindah TPS dan TPS Keliling

569 views

PEKANBARU (RiauInfo) – KPU Riau menetapkan dua pilihan terkait dengan Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang terkena banjir. Pilihan itu berdasar kesepakatan KPU dengan tim kampanye tiga pasangan Cagub Riau dan tim terpadu melalui rapat pleno tertutup, Kamis (18/09) di Kantor KPU Riau, Pekanbaru. 

KPU Riau mendapatkan data terkahir ada dua daerah Riau kebanjiran yang mengganggu keberadaan TPS. Daerah itu adalah kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hilir. Di Pekanbaru tercatat dua kecamatan yang sebagian wilayahnya terkena banjir. Dimana terdata 28 TPS di empat kelurahannya. Jumlah pemilih di seluruh TPS yang kebanjiran di Pekanbaru sekitar 11.000 sapai 15.000 orang.Selanjutnya KPU mencatat terdapat tiga kecamatan yang sebagian wilayahnya kebanjiran di kabupaten Rohil. Dari tiga kecamatan itu, sebanyak 31 TPS terkena banjir. Namun jumlah pemilih dari 31 TPS itu hanya sekitar 7.000 hingga 10.000 orang.

Anggota KPU Riau Makmur Hendrik mengatakan, dengan keadaan tersebut, maka dua pilihan yang menjadi solusi untuk menyelamatkan TPS. Opsi pertama, melakukan pemindahan TPS dan opsi ke dua melakukan TPS keliling.

Sementara, KPU Riau akan memberikan dua pilihan ini kepada setiap daerah yang terkena banjir. Dimana setiap daerah berhak memakai dan memilih salah satu solusi tersebut. Sedangkan soal biaya operasional yang mungkin bertambah dalam hal ini, maka daerah masing-masing yang menanggulanginya.(Surya)

 

Posting Terkait