KPAID Resmikan Tiga Forum Peduli Anak

741 views
news10689PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit membuka acara sosialisasi dan Advokasi Perlindungan Anak Provinsi Riau. Acara yang digelar oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Riau ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap anak. Selain itu, juga dilakukan pembentukan berbagai forum keperdulian terhadap anak.

Selain wakil Gubernur Riau, acara ini dihadiri oleh Ketua KPAID Riau Rosna Niar, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Riau Elma Yusniarti, serta berbagai undangan peduli anak lainnya.

Mambang Mit dalam sambutannya mengatakan, pembentukan forum yang dilakukan oleh KPAID diharap mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan peduli anak Riau ke depan. Sehingga segala permasalahan sosial yang menjadi kendala dapat bersama-sama diatasi.

Sedikitnya ada tiga pembentukan forum dalam acara ini, diantaranya Forum Wartawan Peduli Anak, Forum Advokat Peduli Anak serta Forum Mubaliq Peduli Anak.

Menurut Mambang Mit, anak adalah merupakan amanah yang harus dijaga. Selain itu anak juga merupakan aset bangsa yang mesti dijaga. Pemprov Riau telah memberikan perhatian berupa bimbingan dinas sosial dan panti penitipian anak. Sebagaimana yang tercermin dalam peraturan nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Diantara hak anak yang mesti dipenuhi adalah hak pendidikan, hidup sehat, hak sosial seperti keamanan dan kewarganegaraan.

“Perhatian terhadap anak tidak semata-mata hanya dibebankan pada pemerintah saja, tetapi harus ada dukungan penuh dari masyarakat. Yang menjadi perhatian bersama adalah, tentang hilangnya hak-hak anak dalam berpendapat, kekerasan terhadap anak, pendidikan dan kesehatan terhadap anak dan lainnya,”ungkap Mambang.(Surya/hms)

Posting Terkait