KETINGGIAN KURANG DARI SATU METER… Perairan Pesisir Riau Mulai Aman Dari Gelombang

658 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah perairan Provinsi Riau muai aman dari gelombang pasang Senin (19/01/2009) ini. Keadaan itu menyusul berkurangnya pengaruh cuaca buruk dan angin kencang yang menjadi penyebab utama gelombang tinggi. Badan Metorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, hanya wilayah perairan sebelah Timur Riau, Seperti pesisir Inderagiri Hilir (Inhil) yang masih terimbas gelombang tinggi dari Kepualuan Riau hari ini. 

Sementara, perairan pesisir Rokan Hilir (Rohil), Dumai, Bengkalis hingga Selat Panjang dinyatakan aman dengan gelombang yang hanya kurang dari satu meter. Begitu juga dengan perairan Selat Melaka yang berbatasan langsung dengan Pesisir Riau mereda dengan gelombang yang kurang dari satu meter.

Sedangkan perairan pesisir Riau bagian Timur, tepatnya wilayah perairan Inhil mengalami gelombang kurang dari 1,5 meter. Keadaan itu menyusul pengaruh gelombang tinggi dari Kepulauan Riau yang berdekatan dengan perairan Inhil.

Staf analisa Warih mewakili Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, gelombang umumnya mulai mereda di sejumlah peraiaran Riau dan Kepri serta Selat Melaka. Kondisi tersebut akibat juga berkurangnya pengaruh cuaca buruk dan tekanan rendah yang menjadi penyebab gelombang tinggi beberapa hari silam.(Surya)

Posting Terkait