Kepala SKK Migas Kunjungi Lapangan Injeksi Uap Terbesar di Indonesia

1275 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, Kamis (12/3) mengunjungi area operasi PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Dalam lawatannya Amien Sunaryadi didampingi oleh Kepala Divisi Pengkajian dan Pengembangan Ira Miriawati, Kapokja Bantuan Hukum Syaifudin Zuchri, Kepala Protokol Erry P. Affandi dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatra Bagian Utara Hanif Rusdji.

Turut hadir dalam kegiatan Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit Chuck Taylor, President Director PT CPI Albert Simanjuntak, General Manager Operations Support Bayong Chandra Wibowo dan Senior Vice President Sumatra Operations Harris Djauhari dan manajemen Chevron lainnya.

Kunjungan SKK Migas diawali orientasi ke lapangan Duri yang hingga saat ini dikenal sebagai salah satu operasi injeksi uap (steamflood) terbesar di dunia. Setelah itu rombongan SKK Migas meninjau proyek Minas Surfactant dan Soil Bioremediation Facility.

Injeksi uap, air ataupun surfaktan adalah sebagian teknologi EOR (Enhanced Oil Recovery) yang digunakan Chevron untuk mengoptimalkan perolehan minyak dari sumur-sumurnya yang sudah tua.

Dalam sambutannya Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi mengatakan bahwa kedatangannya ke Chevron adalah untuk mengetahui kegiatan operasi sehingga bisa terjalin kerjasama yang semakin baik di masa mendatang.

Managing Director IndoAsia Business Unit, Chuck Taylor, menjelaskan bahwa Chevron akan terus mendukung Pemerintah Indonesia dengan senantiasa bekerja keras melaksanakan komitmennya memenuhi sekitar 40% produksi minyak untuk negara.

Ia juga menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan operasi Chevron di Indonesia yang mencatat sukses sebagai operasi paling aman dan paling baik dalam menerapkan Lean Sigma di antara seluruh operating unit Chevron di dunia. Lean Sigma adalah salah satu alat yang dipilih Chevron untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan keandalan operasinya.(ad)

Posting Terkait