Kecamatan Bengkalis Juara Umum Helat Seni 2007

787 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Helat Seni Menjunjungi Negeri 2007 yang ditaja Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bengkalis dan dimulai 23 Mei lalu berakhir sudah. Dalam kegiatan festival seni antar pelajar SD, SLTP dan SLTA se-Kabupaten Bengkalis, yang ditutup Bupati H Syamsurizal, Senin (28/5) malam lalu di Gedung Kesenian Cikpuan itu, kontingen Kecama Bengkalis keluar sebagai juara umum. 

Sedangkan Tebing Tinggi dan Merbau, keluarga sebagai juara II dan III. Selain berhasil meraih posisi III besar, kontingen Merbau juga terpilih sebagai Kontingen Terbaik. Sedangkan Rupat Utara, dinobatkan sebagai Kontingen Tergiat.

Sebelum ditutup bupati, kegiatan yang kali pertama dilaksanakan 2006 lalu ini, diisi dengan kegiatan lomba Busana Melayu Harian untuk tingkat SLTP dan Busana Melayu Modifikasi untuk tingkat SLTA.

Dalam lomba yang disaksikan sekitar seribu pasang mata yang memadati Gedung Kesenian Cikpuan malam itu, peragawan dan peragawati dari Kecamatan Mandau, Bengkalis dan Tebing Tinggi keluar sebagai pemenang I, III dan III untuk kategori Busana Melayu Harian. Sedangkan untuk Busana Melayu Modifikasi, pemenang I direbut Kecamatan Bengkalis, Tebing Tinggi dan Mandau.

Sementara itu dalam sambutannya, Syamsurizal kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, terutama penggiat seni, untuk terus bahu membahu dan bersama membangun dan melestarikan kebudayaan dan seni yang ada di Kabupaten Bengkalis.

“Jika semua pihak beritikat untuk membangunnya secara baik, saya yakin, apa yang telah dicapai selama ini akan lebih gemilang dan cemerlang lagi di masa datang,” tegas Syamsurizal yang pada acara penutupan tersebut bersama Wakil Ketua PN Bengkalis Yus Enidar, sama-sama tampil membaca sebuah puisi.

Lebih jauh dijelaskan Syamsurizal, pemahaman nilai-nilai seni, juga hanya akan dapat berlangsung sebagaimana mestinya, jika kita semua melakukannya bersama-sama sesuai dengan peran masing-masing.

“Kebersamaan adalah sebuah kunci yang sangat menentukan kekuatan yang dimiliki. Sedangkan perpecahan, akan membuat potensi yang tersedia justru berpeluang menghancurkan. Dengan bersama, tak ada yang mustahil”, ujarnya seraya berulang kali memberikan ucapan apresiasi atas ditaja kegiatan Helat Seni ini.

Dengan bersama, imbuh Syamsurizal, segala sesuatu akan membentang terang dihadapan kita, seperti yang kita impikan. Bersama kita bias,” terangnya seraya yakin jika melalui helat ini muncul calon-calon penggiat seni dan kebudayaan Bengkalis untuk masa depan.

Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri yang juga hadir malam penutupan tersebut melaporkan, selain Bupati dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri, terlihat hadir dalam penutupan festival yang diikuti sekitar 1.000 pelajar dari 13 kecamatan se-Kabupaten Bengkalis itu, diantaranya, Kadis Dikpora H Hasraf Saili.

 

Posting Terkait