KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN Lahan Pertamina di Dumai Ikut Terbakar

PEKANBARU (RiauInfo) – Menanggapi terus berlangsungnya kebakaran hutan dan lahan di Riau, Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit mengintruksikan seluruh bupati/walikota seluruh Riau untuk segera bertindak jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. “Jangan menunggu api membesar dulu baru bertindak,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga minta agar lahan-lahan yang terbakar itu didata apakah lahan milik masyarakat, lahan terlantar atau lahan eks Hak Pengelolaan Hutan (HPH). Ini perlu dilakukan untuk mencari solusi apakah lahan itu akan dijadikan lahan perkebunan atau akan dimanfaatkan untuk kepentingan lain.

Dia mengatakan, upaya menghentikan Karhutla secara konkrit mutlak dilakukan sebab dari pengamatan yang dilakukan selama ini lahan-lahan yang terbakar itu kebanyakan lahan yang itu-itu juga. Lahan itu adalah lahan kosong yang tidak ada masyarakat menjaganya.

Jadi saat lahan itu terbakar, tidak ada satupun warga yang mau memadamkan api karena mereka merasa tidak punya kepentingan pada lahan tersebut. “Akibatnya kebakaran itu semakin meluas dan kabut asappun muncul dimana-mana,” ujarnya.

Makanya, menurut Mambang Mit, sudah saatnya masalah kebakaran hutan dan lahan ini mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, termasuk seluruh kepada daerah di Riau. “Mulai sekarang kita harus memikirkan bagaimana mencari solusi dari masalah ini,” tambah dia lagi.(ad)

 

 

Rizki: