Karhutla Riau Turun Drastis

550 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah kebakaran hutan dan lahan kembali mengalami penuruanan di daerah Riau, Minggu (13/12/09) ini. Sementara cuaca Riau masih berawan karena masih dalam musim hujan pada Desember 2009 ini.

Berdasar data satelit [i]National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, keberadaan kebakaran hutan dan lahan terdapat di daerah Kabupaten Pelalawan dengan 2 titik api. Jumlah tersebut turun drastis dibanding 16 titik api yang terjadi di Riau pada Sabtu kemarin.

Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, peluang hujan masih ada di Riau dengan intensitas ringan pada siang hingga malam hari nanti. Hujan yang bersifat lokal tersebut lebih terkonsentrasi terjadi di wilayah Riau bagian Selatan.

Sementara cuaca cerah berawan dengan temperatur 31 derjat celsius masih mewarnai Riau sepanjang siang ini. Arah angin umumnya bergerak dari Utara hingga ke Timur dengan kecepatan rata-rata 5 hingga 10 kilometer per jam. BMKG menilai pertumbuhan titik api akan tetap ada selama cuaca cerah masih terjadi pada siang harinya.(Surya)

Posting Terkait