Kabut Asap Makin Pekat, Warga Diberi Masker Gratis

661 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kabut asap yang melanda sebagian wilayah Riau sampai Kamis (21/6) makin pekat aja, terutama di Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan kabupaten Rokan Hilir. Untuk mengantisipasi dari dampak kabut asap, Dinas Ksehatan Riau telah mengirim sebanyak 4.000 masker ke Dumai dan beberapa kota lainnya di Riau yang terkena bencana kabut asap.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, H Katijo Sempono kepada wartawan menyebutkan masker tersebut selain dikirim ke Dumai, juga dikirim ke Kabupaten Rokan Hilir. “Maskar itu akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis guna mengantisipasi dampak dari kabut asap,” juarnya.

Di Dumai, masker gratis itu sudah dibagikan kepada masyarakat, terutama kepada pengguna sepeda motor. Masyarakat sendiri tidak terlalu tergantung kepada masker gratis tersebut, sebab sebagian mereka ada yang membelinya sendiri di apotek atau para pedagang masker yang akhir-akhir ini muncul secara dadakan di Dumai.

Hal yang sama juga terlihat di Bagansiapi-api (ibukota Kabupaten Rokanhilir). Disini masyarakatnya selain mendapatkan masker gratis dari puskesmas-puskesmas setempat juga membelinya sendiri di apotek. Sebab harga masker tidak begitu mahal, hanya bekisar antara 3.000 hingga Rp5.000 per masker.

Pembagian masker gratis ini memang dianggap tepat, karena saat ini jumlah penderita penyakit akibat kabut asap sudah mengalami peningkatan. Misalnya saja di Dinas Kesehatan Dumai tercatat pertumbuhan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) mencapai 474 orang. Jumlah ini dperkirakan akan terus meningkat jika bencana kabut asap terus berlangsung.(zas)

Posting Terkait