Jumlah Penderita AIDS di Riau Terus Meningkat

627 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah penderita AIDS di Riau setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dari pendataan yanb dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Riau diketahui jumlah penderita di Riau saat ini mencapai 349 orang.

Dari jumlah itu, 86 penderita diantaranya berasal dari kalangan wiraswasta. “Khusus untuk daerah Riau penderita AIDS terbanyak berasal dari kalangan wiraswasta,” ungkap anggota KPA Riau, Agus Libert kepada wartawan di Pekanbaru.

Dia menyebutkan banyaknya wiraswasta di Riau terkena penyakit AIDS disebabkan gaya hidup mereka berganti-ganti pasangan. Dengan kondisi ekonomi yang lebih bagus, mereka melakoni pola hidup berganti-ganti pasangan itu, sehingga berisiko tertular virus HIV.

Agus mengatakan, kebanyakan penularan virus yang mematikan itu melalui hubungan kelamin. Orang yang selalu berganti-hanti pasangan, akan sangat rawan terkena virus HIV. “Karena itu hindarilah pola hidup seperti itu,” ungkap dia lagi.

Kalangan terbanyak kedua yang terkena AIDS adalah pekerja swasta sebanyak 79 orang, ibu rumah tangga 45 orang, mahasiswa 18 orang, napi 8 orang, PNS dan buruh masing-masing 9 orang. Sedangkan pelaut, balita dan supir ojek masing-masing 9 orang, dan siswanya guru, PSK dan TKW.(ad)

Posting Terkait