Jalur Utama Riau-Sumbar Putus, Harga Semen di Pekanbaru Melambung

628 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Putusnya jalur utama Riau-Sumbar dalam sepekan terakhir ini berdampak buruk terhadap harga semen di Pekanbaru. Saat ini harga semen di tingkat pengecer di Pekanbaru melambung cukup tinggi dari Rp 54 ribu per zak menjadi Rp 60 ribu per zak. 

Melambungnya harga semen di Pekanbaru ini karena komoditi tersebut memang didatangkan langsung dari Padang, terutama untuk semen merek “Semen Padang”. Putusnya jalur utama itu menyebabkan truk pengangkut semen terpaksa menempuh jalur alternatif yang jaraknya lebih jauh.

Putusnya jalur tersebut tidak hanya membuat harga semen melambung, stok semen di Pekanbaru juga terasa semakin menipis. “Saya malah sudah tiga hari ini tidak memiliki stok semen di toko saya,” ungkap Ucup, salah seorang pemilik toko bangunan di Jalan Hangtuah Pekanbaru.

Dia mengatakan, terputusnya jalur utama menuju Sumbar itu memang sangat besar pengaruhnya terhadap keberadaan semen di Pekanbaru. “Kita berharap jalur tersebut kembali dibuka, sehingga Pekanbaru tidak lagi kekurangan semen,” tambah dia lagi.

Ketiika ditanya harga material lainnya, dia mengatakan sampai saat ini masih normal-normal saja. “Selain semen, harga material lainnya relatif stabil. Sebab material lain itu didatangkan dari berbagai daerah seperti dari Medan dan Jakarta,” ungkap Ucup.(Ad)

Posting Terkait