Inhu Korban Tunggal Titik Api di Sumatera

646 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca cerah berawan dengan temperatur maksimum mencapai 32,6 derjat celsius tidak serta merta menyuburkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Selasa (2/03/10) ini. Pasalnya, hanya terdapat satu titik api di daerah Kabupaten Inderagiri Hulu. Namun, daerah tersebut merupakan satu-satunya yang mengalami karhutla di Sumatera hari ini.

Berdasar hasil rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, satu-satunya daerah Riau yang menjadi korban karhutla hanya Inhu tersebut.

Sementara itu, dari hasil monitoring citra satellite awan, analisa streamline dan kondisi fisis serta dinamis udara, pada umumnya cuaca di wilayah Propinsi Riau cerah hingga berawan sepanjang siang ini. Hujan dengan intensitas ringan terjadi secara merata hanya pada malam, dini hari atau esok pagi di wilayah Riau.

Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih mengatakan, sejumlah daerah Riau masih rawan akan kebakaran hutan dan lahan. Hal ini menyusul cuaca berawan akan masih mewarnai Riau dalam beberapa hari ke depan. Sementara, curah hujan kian menipis dan banyak terjadi hanya pada malam hari.(Surya)

Posting Terkait