HUJAN MELUAS… Jumlah Kebakaran Hutan dan Lahan Riau Kandas

588 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peluang hujan kembali muncul di sejumlah wilayah Provinsi Riau, Jumat (4/12/09) ini. Meluasnya berpeluang hujan telah menekan jumlah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga tercatat berada pada titik nol di Riau.

BMKG Pekanbaru menyatakan, peluang hujan sebenarnya telah terjadi sejak kemarin malam. Namun pada malam ini sejumlah daerah Riau mengalami hujan dengan intensitas ringan atau sedang. Peluang hujan juga ada pada dini hari.

“Peluang hujan relatif merata di Riau hari ini. Namun waktu dan intensitasnya berbeda-beda antara satu daerah dan daerah lainnya. Sedangkan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan tidak ada di Riau,”ungkap Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Ardhitama kepada RiauInfo di Pekanbaru.

BMKG mendapatkan keadaan angin relatif aman dengan kecepatan antara 5 hingga 20 kilometer per jam. Peluang angin kencang tetap ada sebelum dan sesaat akan terjadinya hujan. Pada cuaca buruk kecepatan angin akan mencapai maksimum 40 kilometer perjam. Sementara, temperatur maksimum mulai menurun hanya mencapai 32 derjat celsius hari ini.(Surya)

Posting Terkait