HUJAN MASIH BERKURANG… Lima Provinsi Berbagi Titik Api di Sumatera

PEKANBARU (RiauInfo) – Lima provinsi mengalami kebakran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pulau Sumatera Rabu (29/04/2009) ini. Selain Riau, titik api juga berada di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan di Provinsi Bangka Belitung.

Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, provinsi Riau tercatat mengalami 5 titik kebakaran hutan dan lahan.

Sedangkan Provinsi Sumatera Utara dan Bangka Belitung masing-masing hanya punya satu titik api. Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan terbanyak menderita karhutla masing-masing mencapai 12 titik api. Tidak ketinggalan Provinsi Sumatera Barat dengan satu titik. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan mencapai 35 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini. Jumalh ini relatif menurun dibanding 77 titik api di Sumatera Selasa kemarin.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, masa transisi musim hujan ke musim kering masih membuka peluang kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi wilayah Sumatera. Meskipun ada peluang, hujan relatif menurun dibanding pada musim hujan awal April silam. Umumnya hujan terjadi pada malam hari dan dengan intensitas lebih kecil dibanding sebelumnya.Surya)

 

Rizki: