Hebat, Bertambah Lagi Asesor Uji dari PWI Riau

80 views

PEKANBARU (Riauinfo) – Komitmen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau untuk memenuhi target seluruh anggotanya lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) juga diimbangi dengan penambahan jumlah penguji, saat ini tercatat PWI Riau miliki enam asesor uji.

“Sebelumnya PWI Riau sudah memiliki lima penguji dan sekarang bertambah satu lagi asesor uji setelah mengikuti tiga kali magang, ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan PWI Pusat Nomor 384-PLP/PP-PWI/2022 tanggal 21 Oktober 2022,” ujar Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Jumat (4/11/2022) di Pekanbaru.

Dikatakan Zulmansyah, sejumlah proses harus dilalui oleh calon penguji sebelum dinyatakan layak sebagai asesor. Mulai dari mengikuti Training of Trainer (ToT), hingga kewajiban magang harus dilalui. “Layak tidaknya calon penguji juga ditentukan penilaian pembimbing magang,” imbuh Zulmansyah.

Setiap pemagang asesor uji wajib mengikuti tiga kali magang sesuai dengan tingkatan UKW, yaitu Muda, Madya dan Utama. “Intinya, melalui proses magang tersebut diharapkan calon penguji memahami prosedur penilaian terhadap peserta UKW berdasarkan standar mata uji yang telah ditetapkan untuk masing- masing tingkatan,” kata Zulmansyah.

Asesor uji dari PWI Riau tidak hanya sebagai penguji lokal saja, tapi berlaku seluruh Indonesia. Namun untuk luar Riau tugasnya diutamakan untuk kabupaten/kota di provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

Nama-nama penguji PWI Riau tersebut adalah Zulmansyah Sekedang, Dheni Kurnia, Amril Jambak, Eka Putra, Henny Elyati dan yang baru mendapatkan SK Asesor Uji UKW dari PWI Pusat adalah Syam Irfandi.

“Insha Allah, awal Januari 2023 mendatang, jumlah penguji PWI Riau akan bertambah satu asesor lagi sehingga kita punya tujuh asesor uji,” pungkas Zulmansyah.

asesor uji Pwi riau pwiriau UKW

Posting Terkait