Hari Ini Taekwondo Pertandingkan 4 Kelas

631 views

PEKANBARU: Setelah digelar teknikal meeting Kamis (13/9) kemarin, pertandingan cabor taekwondo resmi digelar, Jumat (14/9) pagi ini, di PKM UIN Suska Panam. Pada hari pertama ini, mempertandingkan empat kelas, dua kelas di poomsae (seni) putra-putri dan kelas midle putra-putri.

Riau sendiri akan tampil di empat kelas tersebut. Untuk nomor poomsae tim yang diarsiteki empat pelatih dan satu konsultan asal Korea Selatan tersebut, menurunkan Aulia Ramadhan (putra) dan Yana Puspita Arum (putri). Sementara di kelas midlle, Riau menurunkan Agus dan Erwin Susanti.

Pelatih Kepala Taekwondo PON Riau Nico Ardiansyah, mengatakan, dari empat kelas tersebut, pihaknya mengincar nomor poomsae untuk meraih medali emas. Peluang di nomor poomsae ini disebutkannya cukup terbuka, mengingat atlet yang diturunkan sudah punya track record yang bagus.

“Mudah-mudahan itu terwujud. Saya sudah instruksikan kepada anak-anak untuk tampil all out,” kata Nico Ardiansyah saat berbincang dengan Tribun. Nomor poomsae sendiri selama ini dilatih khusus oleh entrenador asal Korea Selatan Park Hyeong U.

Park merupakan pelatih muda yang sudah punya predikat terbaik di Asia. Bahkan beberapa atlet terbaik sudah banyak dilahirkannya. Di Riau sendiri Park ditunjuk Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Riau, sebagai konsultan tim.

“Jam terbangnya (Park) sudah tinggi. Karena alasan itu, kita tunjuk dia sebagai konsultan tim ini. Terutama di poomsae. Dengan harapan, kita bisa raih emas di PON ini,” tambah Ketua Harian TI Riau, A Tambi.

Target emas di PON ini, sudah menjadi target TI Riau sejak awal. Tidak hanya di kelas poomsae, namun juga di kelas lainnya diharapkan bisa menyumbangkan hasil terbaik. “Termasuk kelas midle. Kita harapkan atlet tampil lepas dengan penuh rasa percaya diri,” harap Tambi.

Seperti diketahui, pada PON tahun 2008 lalu di Kaltim, tim taekwondo Riau hanya membawa pulang satu perunggu ke Pekanbaru, jajaran pelatih dan pengurus berjanji akan mengubah sejarah tersebut pada PON XVIII 2012 ini.

Cabor taekwondo sendiri dipertandingkan hingga 17 September mendatang, di PKM UIN Panam. Jumlah kelas yang dipertandingkan sebanyak 18 kelas. Dari 18 kelas tersebut, tim Riau sudah mengapung target tinggi, mempersembahkan tiga medali emas. (saf)

Posting Terkait