Harga Sayur Mulai Ketat di Pasar Tradisional

PEKANBARU (RiauInfo) – Harga sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik di Kota Pekanbaru. Selain harga gula yang telah naik, harga sayuran mulai mengalami kenaikan yang relatif tinggi mencapai 50 persen.

Harga sayuran jenis tomat yang biasanya hanya Rp6.000 per kilogram naik menjadi Rp.9.000 perkilogramnya. Meski kenaikan harga tidak terlalu dirasa pada jenis sayuran lainnya, namun para pedagang pasar tradisional mulai ketat menjual sayurannya.

“Biasanya seperti sayur kol, kubis dan lainnya dijual tanpa ditimbang terlebih dulu. Kini para penjual mulai teliti menimbang sayuran tersebut. Yang jelas naik adalah tomat hingga mencapai Rp9.000 sekilo, biasanya hanya enam ribu sekilo,”ungkap seorang IRT kepada RiauInfo, Selasa (12/01/10) di Pekanbaru.

Dinas Perindusterian dan Perdagangan (Disperindag) Riau menyatakan kenaikan harga masih belum mempengaruhi kondisi pasar di Pekanbaru. Hal ini menyusul kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok yang melewati waktu panjang dan dengan persentasi nilai yang relatif teratur. Sedangkan kenaikan harga sayur dinilai relatif singkat hanya pada waktu musim hujan saat ini saja.(Surya)

Rizki: