Gubri Luncurkan Yayasan SSF

673 views

JAKARTA (RiauInfo) – Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP sekaligus selaku Koordinator Gubernur se-Sumatera turut meluncurkan Yayasan Dana Lestari Sumatera (Sumatera Sustainability Funds/SSF) di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (22/6) malam.


Yayasan SSF merupakan yayasan yang dibentuk berdasarkan kesepakatan seluruh gubernur se-Sumatera dan didukung oleh beberapa kementerian terkait, seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pekerjaan Umum, bertujuan untuk menggalang dana bagi penyelamatan ekosistem di Pulau Sumatera.

Hadir pada acara peluncuran SSF yang sekaligus malam penggalangan dana, antara lain Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, anggota Wantimpres yang juga pemerhati lingkungan Emil Salim, mantan Menteri Kehutanan yang juga Ketua Pembina SSF Marzuki Usman serta beberapa pengusaha dan yayasan yang concern terhadap masalah lingkungan hidup.

Pada kesempatan itu, Gubri Rusli sempat melelang suaranya untuk menggalang dana bagi SSF. Gubri juga turut menyumbang sebesar Rp.33 juta untuk SSF. Dana tersebut akan digunakan untuk penyelamatan ekosistem di Pulau Sumatera yang kini hutannya semakin terancam.

Acara yang ditaja WWF dan didukung Menko Perekonomian itu berlangsung dengan baik. Sayangnya undangan yang hadir tidak seperti yang diharapkan. Akibatnya, dana yang terkumpul untuk SSF juga tidak sesuai harapan penyelenggara.

Gubri sendiri menyarankan agar ke depan acara-acara yang seperti itu dikoordinasikan dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang diharapkan penyelenggara bisa tercapai. “Kita di Riau kalau acara-acara penggalangan dana seperti ini bisa terkumpul dana hingga miliaran rupiah, karena dikoordinasikan dengan baik,” ulasnya.

Namun di atas semua itu, Gubri mengaku sangat mendukung lahirnya Yayasan SSF. Diharapkan yayasan ini nantinya bisa berkiprah lebih baik untuk penyelamatan ekosistem di Pulau Sumatera. “Kita tentu sangat mendukung, karena semakin banyak yang punya perhatian terhadap lingkungan tentu semakin baik,” katanya.(ad/rls)

Posting Terkait