Gubri Ajak Warga Riau Asal Pasaman dan Pasaman Barat Ikut Sukseskan PON XVIII

606 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengajak warga Riau asal Pasaman dan Pasaman Barat untuk ikut bersama-sama menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII yang akan digelar di Riau tahun 2012 mendatang. Pelaksanaan PON ini akan menjadi kebanggaan seluruh warga Riau.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri acara silahturahmi akbar warga Riau Asal Pasaman, Pasaman Barat. Silahturahmi untuk menumbuhkan semangat kekeluargaan yang berkekalan demi membangun negeri sekaligus mewujudkan visi Riau 2020, digelar di Hotel Ratu Mayang, Sabtu malam (13/2).

Acara itu dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman H. Benny Utama dan Bupati Pasaman Barat Baharudin R, Sekjend IKMR Marjoni, Ketua Ikatan Keluarga Pasaman, Pasaman Barat Djufri Hasan Basri, serta sejumlah tokoh masyarakat dan ratusan warga Pekanbaru asal Pasaman

Pertemuan itu seperti dijelaskan Sekjend IKMR Marjoni sangat penting untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Riau asal Pasaman. Melalui silahturahmi akan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan sehingga tercipta sinergitas antar masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama membangun Riau khususnya Pekanbaru lebih baik lagi

Dalam kesempatan ini Rusli Zainal mengatakan, selain menjadi tuan rumah PON, Riau juga akan menjadi tuan rumah event olahraga internasional yakni Islamic Solidarity Games pada tahun 2013. “Kedua event ini tentunya perlu mendapat dukungan bersama agar terselenggara dengan sukses,” ungkap Rusli.

Berkat ivent itu berbagai fasilitas dapat dibangun diantarannya revisi UU Kelistrikan sehingga Riau dapat membangun pembangkit 2X100 MW, Pembangunan Air Port SSK II yang lebih representatif melalui perluasan landasan pacu, pembangunan Fly Over untuk mengatasi kemacetan, Main Stadium berstandar Internasional dan lainnya.

Sementara itu Sekjend IKMR Marjoni mengatakan sangat pentingnya pertemuan ini digelar untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Riau asal Pasaman. Melalui silahturahmi akan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan sehingga tercipta sinergitas antar masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama membangun Riau khususnya Pekanbaru lebih baik lagi.

IKMR berkeinginan terus mengembangkan budaya Minang Kabau yang akan diselaraskan dengan budaya Melayu. Untuk itu IKMR telah merekomendasikan Gubernur Riau HM Rusli Zainal untuk diberikan gelar Datuk. Dimana gelar yang sama juga pernah diberikan kepada Presiden RI Soesilo Bambang Yodhoyono di Pagaruyung Sumatra Barat. Pemberian gelar itu karena HM Rusli Zainal dianggap mampu mengayomi puluhan ribu masyarakat Minang yang menetap di Riau.

‘Kita telah merekomendasikan Gubri HM Rusli Zainal untuk diberikan gelar Datuk, kini pemerian gelar itu sedang dibahas di Sumatra Barat, kami menginginkan Gubri duduk sama rendah berdiri sama tinggi di Alam Minang Kabau,” Jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bupati Pasaman Barat Baharudin, dalam penyampaian program-program pembangunannya berharap terjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah Provinsi Riau karena Pasaman dan Riau berbatasan langsung di Kabupaten Rohul. Masalah Tapal Batas dan pembangunan infrastruktur jalan salah satu prioritas pemerintah untuk dituntaskan. Bupati juga berharap 22 ribu warga Pasaman yang menetap di Riau jangan melupakan kampung halamanny.(ad)

Posting Terkait