Gubernur Riau Siap Sukseskan Pilpres 2009

484 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur se-Indonesia menyatakan siap menyukseskan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, termasuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemutaakhiran data untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang punya hak pilih tidak terdata pada Pilpres 2009 nanti.

Demikian antara lain keputusan rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Sekretariat Negara (Sekneg), Komplek Istana Negara, Jakarta, Jum’at (24/4). Hadir pada rapat tersebut Wapres HM Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan para gubernur seluruh Indonesia, termasuk Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP.”Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah siap menyukseskan Pilpres 2009 mendatang. Siapapun nanti Presiden yang terpilih. Kita tetap menempatkan KPU di depan, namun pemerintah baik pusat maupun daerah akan all out untuk mendukung kelancaran Pilpres 2009,” tegas Mendagri Mardiyanto Manan saat konperensi pers usai rapat. Mendagri didampingi beberapa gubernur, antara lain Gubri Rusli.

Gubri Rusli menambahkan, pihaknya akan berpegang dengan surat edaran dari Mendagri untuk mengerahkan segenap aparat pemerintah untuk melakukan pemutaakhiran data DPT. Pemutaakhiran data itu dengan melibatkan para RT, RW dan aparat di desa maupun kelurahan. “Karena yang paling tahu dan mengerti dengan warganya tentu para ketua RT dan RW. Makanya, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri itu, kita akan libatkan mereka semua,” urai Rusli.

Gubri Rusli menegaskan, dengan melibatkan para ketua RT, RW dan aparat desa atau kelurahan, pihaknya yakin tidak akan ditemui lagi masyarakat yang punya hak pilih namun namanya tidak tercatat dalam DPT. “Makanya kita juga berharap partisipasi dari masyarakat. Kalau merasa namanya belum terdaftar dalam DPT saat Pemilu Legislatif yang lalu, segera mendaftarkan namanya ke Ketua RT setempat,” ajak pria yang juga Ketua DPD Partai Golkar Riau ini.

Di sisi lain, Gubri bersama para gubernur lainnya juga memuji sikap Presiden SBY dan Wapres JK yang dapat menunjukkan sikap demokratis dan profesional dalam menjalankan tugas masing-masing. Tekad SBY-JK untuk tetap mempertahankan hubungannya hingga pemerintahan berakhir dan janji keduanya untuk berkompetisi secara sehat pada Pilpres 2009 nanti, merupakan sikap yang pantas untuk dipuji.

“Keduanya sangat demokratis dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Keduanya mampu menempatkan diri kapan sebagai pemimpin negara dan kapan sebagai pemimpin partai. Harapan kita, sikap keduanya yang santun dan sejuk ini, dapat ditiru semua pihak. Masyarakat harus melihat bahwa kedua pimpinan negara ini ternyata sangat mengutamakan kepentingan bangsa dan negara,” ucap Rusli panjang-lebar.

Gubri Rusli sendiri nampak sangat akrab dengan Presiden SBY dan Wapres JK. Sebelum rapat terbatas dimulai, Gubri Rusli sempat bersalaman dan berpelukan dengan dua kandidat Presiden pada Pilpres 2009 nanti itu.(rls)

Posting Terkait