Gubernur Riau Pimpin Misi Promosi ke RRC.

Gubernur Riau Pimpin Misi Promosi ke RRC.

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam rangka mempromosikan potensi dan peluang perdagangan dan investasi Provinsi Riau, Gubernur Riau meminpin sebuah tim roadshow ke RRC. Tim yang membidangi pembangunan infrastruktur, penyediaan energi, dan upaya-upaya pengembangan industri melakukan roadshow di Guangzhou (ibukota Provinsi Guangdong) tanggal 26 Juli dan di Naning (ibukota Provinsi Guang Xi) tanggal 28 Juli.

Bekerjasama dengan Konjen RI di Guangzhou dan Chinese Council for the Promotion of International Trade (CCPIT, semacam Kadin) Provinsi Guangdong, roadshow dimulai dengan sebuah tarian Melayu yang dilakukan oleh penari-penari setempat binaan Konjen RI.

Berturut-turut memberikan sambutan 1. Bp Harimawan Sunitno, Konjen RI Guangzhou, 2. Mr. Zeng Kai Shang, President CCPIT Guangdong, dan 3. Bp HM Rusli Zainal SE, MP, Gubernur Riau.

Konsul selain menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada kedua pihak, sangat menyambut baik adanya promosi ini karena masih kurang dikenalnya Indonesia dan potensi Riau di kalangan pengusaha RRC. Di lain pihak mereka pada posisi keuangan dan bisnis yang baik dan kuat dengan segala kemampuan teknologi dan industri yang siap untuk diajak kerjasama.

Presiden CCPIT pula sangat menghargai upaya Konjen yang terus menjembatani hubungan bisnis antara kedua negara dan atas sambutan yang sangat baik ketika delegasi mereka ke Jakarta beberapa waktu lalu. Karena itu delegasi Riau dapat sebagai kunjungan balas yang apresiasinya dengan menghadirkan tidak kurang dari 75 orang pebisnis.

Dia juga menyambut baik dan mendorong rekan-rekannya untuk melihat peluang kerjasama antara kedua pihak. Kerjasama perdagangan yang terus meningkat perlu terus diperluas dan dikembangkan.

Sementara itu Gubernur Riau melanjutkan kehangatan suasana pertemuan dengan menjelaskan secara ringkas potensi dan peluang bisnis dan investasi yang ada di Riau, serta bagaimana upaya-upaya pemerintah Provinsi Riau untuk mengembangkan iklim investasi yang kondusif guna pengembangan berbagai potensi sumberdaya.

Gubernur juga mengundang para pebisnis dan berjanji akan menjadi “penunjuk jalan” secara langsung sehingga mendapat applaus dari hadirin.

Setelah penjelasan teknis dan detil tentang peluang dan potensi investasi Provinsi Riau yang disampaikan oleh DR Muhammad Ikhsan, MSc, dalam bahasa Indonesia tapi dengan tayangan beraksara Mandarin, acara dilanjutkan dengan one-on-one meeting yang dibagi atas empat desk: infrastruktur, enerji dan tambang, industri dan agrobisnis, serta pariwisata. Para peminat infrastruktur diterima oleh Kepala Bappeda dan Kadis Perhubungan, enerji dan pertambangan oleh Kadistamben dan Direktur Riau Investment Corporation, industri dan agribisnis oleh Kepala dan seorang Kabid BPMPD, dan pariwisata oleh DR Muhammad Ikhsan dan seorang Kabid BPMPD.

Selama acara, pihak Konjen menyiapkan beberapa penterjemah bahasa Mandarin, sedangkan delegasi Riau mendapat perkuatan penterjemah dari Bp Willy Berlian dari Sekolah Darmayuda yang kebetulan sedang berada di Guangzhou.
Berbagai informasi dan kesepakatan yang perlu ditindaklanjuti dapat dijaring dari desk tersebut. Pada umumnya mereka telah mendapatkan informasi lebih detil tentang proyek-proyek yang ditawarkan dan prosedur investasi.

Informasi ini selanjutnya akan mereka kaji lebih jauh untuk dipertimbangkan dalam pengembangan bisnis ke luar yang memang didorong oleh pemerintah RRC. Selain itu mereka banyak menanyakan tentang komoditas yang mungkin didagangkan dan banyak pula yang ingin mencari partner pengusaha lokal, khususnya untuk perdagangan produk dan pengembangan pariwisata.

Acara ditutup dengan acara makan siang bersamaan. Pada kesempatan itu Gubernur Riau bersama Konjen dan Presiden CCPIT membicarakan langkah-langkah lebih lanjut untuk pengembangan hubungan lebih lanjut.(ad/rls)

Rizki: