Gelombang di Perairan Riau Mencapai 2 Meter Lebih

747 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Memburuknya cuaca di Riau telah menyebabkan perairan Riau semakin tidak aman untuk dilayari. Pada malam hari tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter lebih, terutama di SelatMalaka dan Selat Singapura. 

Kepala Analisis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru Yohanes Bontoro Drajat di Pekanbaru meminta pihak pelayaran untuk tetap berhati-hati setiap berlayar di perairan Riau. “Soalnya cuaca sekarang serba tidak menentu,” ujarnya.

Terkadang, menurut dia, pada siang hari tinggi gelombang di perairan Riau cukup aman hanya berkisar antara 0,8 sampai 1,2 meter. Namun tiba-tiba bisa saja cuaca berubah buruk dan menghasilkan angin kencang yang menimbulkan ombak besar.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Riau Ir Faisal Qomar mengatakan pihaknya telah mengingatkan semua perusahaan pelayaran agar berhati-hati berlayar untuk saat ini. Hal itu karena ramalan dari pihak BMG yang menyebutkan cuaca sekarang tidak menentu.

“Kami malah terus melakukan koodinasi dengan pihak BMG untuk mewaspadai kecelakaan di laut akibat cuaca yang tidak bersahabat ini,” ungkapnya. Meski saat ini belum ada kecelakaan laut di Riau, namun kewaspadaan harus tetap dilakukan.

Selain berkoordinasi dengan BMG, pihaknya juga telah mengerahkan petugas yang ada di dermaga untuk selalu mewaspadai hal-hal yang bisa menjurus kecelakaan pelayaran. “Kita tentunya tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.(Ad)

 

Posting Terkait