Gelar Pasukan Apel Sandi Operasi Lilin 2010 Di Mapolres Kampar

548 views

KAMPAR (RiauInfo) – Kamis (23/12/2010) Kemarin, bertempat di lapangan Mapolres Kampar berlangsung acara Gelar pasukan Apel Operasi Lilin Tahun 2010 dalam rangka menghadapi perayaan hari Natal 2010 dan tahun baru 2011 mendatang. Apel operasi lilin diikuti oleh Instansi terkait diantaranya Satpol PP, Dishubkominfo, Diskes, Kodim 0313/KPR, PMI, Tagana dan Petugas kebakaran di Kabupaten Kampar.


Pantauan wartawan di lapangan yang selaku bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Kampar AKBP H MZ Muttaqin. Dan selaku pemimpin pasukan IPTU A Ghandi. Apel gelar pasukkan dalam rangka Pam Operasi Lilin Tahun 2010 diwilayah hukum Polres Kampar berjalan aman dan lancar hinnga akhir Apel.

Gelar Operasi Lilin Tahun 2010 juga dihadiri oleh Sekdakab Kampar H Zulher, Kepala Kejari Bangkinang Willy Ade Chaidir, Dandim 0313/KPR Letkol Inf H Edi Sutrisno, Kadis Hubkominfo Kabupaten Kampar H Muhammad, Waka Polres Kampar KOMPOL Alven, Seluruh Perwira dan jajaran di Polres Kampar, Kapolsek se Kabupaten Kampar.

Kapolres Kampar AKBP H MZ Muttaqin dalam membacakan amanat Kapolri mengatakan, bahwa apel yang disebut dengan sandi Operasi Lilin tahun 2010 adalah merupakan agenda tetap, yang dilakukan setiap tahun dalam rangka memberi rasa aman, tentram dan damai kepada masyarakat umumnya dan khususnya untuk Pam bagi umat Nasrani yang merayakan Hari Natal 25 Desember setiap tahunnya.

” Untuk umat Nasrani pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya akan merayakan Hari Natal yang merupakan hari raya bagi mereka. Dan pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya seluruh Dunia merayakan malam tahun baru yang disambut oleh masyarakat, ini menyebabkan aktivitas masyarakat menjadi meningkat,” ujar Muttaqien kepada wartawan, usai melakukan Apel di Mapolres Kampar.

Dikatakannya, prediksi keamanan yang dapat mengangu diantaranya adalah gerakkan sparatis, terorisme, keterbatasan sarana keamanan di objek wisata, keamanan lalu lintas dan daerah yang berpotensi banjir dan longsor serta titik api.

” Empat Pos Pam sudah didirikan dalam rangka Pos Pam perayaan Hari Natal 2010 dan tahun Baru 2011 mendatang. Empat PAM tersebut berada dilokasi Pos Pam Rayon di Siak Hulu bertempat di Depan SPBU Kubang, Pos Pam Rayon Kampar di Depan SPBU batas Kota Rimbo Panjang, Pos Pam Bundaran Kota Bangkinang, bertempat di KM 61 Depan sekitar Balai Pendopo Bupati Kampar Jalan Prof M Yamin Bangkinang dan Pos Pam Rayon Tapung bertempat di KM 36 dekat Sipang Tiga Petapahan,” papar Kapolres Kampar.

Disebutkannya, sebanyak 146 gereja yang terdata di Polres Kampar siap diamankan dan setiap gereja akan ditempatkan 2-3 personel Polres Kampar dan Polsek . Operasi lilin akan berlangsung selama 10 hari yang dimulai hari ini pada tanggal 23 Desember 2010 hingga 2 januari 2011 nanti.

” Untuk kekuatan personil yang dilibatkan dalam operasi lilin 2010 adalah anggota Polri sebanyak 272 personil, anggota Satpol PP sebanyak 80 personil, Dishubkominfo Kabupaten Kampar sebanyak 50 personil, Diskes Kabupaten Kampar sebanyak 20 personil, Kodim 0313/KPR sebanyak 50 personil, dan PMI sebanyak 10 personil,” jelas Muttaqien ketika itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar H Zulher menyebutkan, Pemerintah juga turut serta dalam pengamanan pada Operasi Lilin tahun 2010.

” Kita juga mengutus pasukkan yang terdiri dari Satpol PP, Dishubkominfo. Dan juga saya selaku Ketua PMI Kabupaten Kampar juga mengirimkan anggota PMI Kabupaten Kampar. Karena tugas ini sangat berat sekali maka dengan itulah Pemkab Kampar turut meliabatkan diri dengan mengirimkan utusan pasukkan,” sebut Zulher. (arief)

Posting Terkait