Gajah Jantan Ditemukan Membusuk di Kuansing

PEKANBARU (RiauInfo) – Seekor gajah jantan dewasa ditemukan mati dalam kondisi sudah membusuk di kawasan perkebunan kelapa sawit Desa Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Sengingi. Saat ini pihak kepolisian sedang menyelidiki penyebab kematian hewan yang dilindungi tersebut.


Koordinator Species WWF Riau, Yahya Ahmad kepada wartawan Senin (28/5) di Pekanbaru membenarkan ditemukannya gajah jantan mati membusuk di Kuansing itu. “Kami sudah menerima laporan tersebut dari pihak Polsek Lubuk Jambi,” ujarnya.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kematian hewan tersebut, namun yang jelas saat ditemukan gadingnya sudah hilang. “Jadi ada dugaan gajah tersebut mati secara tak wajar, alias sengaja dibunuh manusia untuk mendapatkan gadingnya,” ungkap dia lagi.

Namun begitu ada juga dugaan penyebab lainnya, diantaranya termakan racun yang ditebar warga, karena gajah sering dianggap sebagai hama. “Itulah yang kini sedang diselidiki pihakm Polsek setempat,” jelasnya.

Disebutkannya, pihaknya hari ini juga telah meluncur ke lokasi ditemukannya bangkai gajah tersebut. “Kami bersama pihak kepolisian akan turun tangan untuk menyelidiki apa penyebab matinya gajah jantan itu,” tambahnya.(Ad)

 

Rizki: