Festival Bahari Raja Ampat 2015 Siap Digelar

889 views

JAKARTA (RiauInfo

raja ampat1

JAKARTA (RiauInfo) – Festival Bahari Raja Ampat (di Papua Barat) kembali akan digelar 18-21 Oktober. Berkait dengan itu, diyakini banyak penggemar diving, Raja Ampat akan dikunjungi banyak wisman dari berbagai negara. Wisman tidak saja akan menikmati nyamannya menyelami panorama alam bawah laut di perairan Raja Ampat, tetapi juga menikmati sajian kuliner dan beragam pementasan kesenian khas Raja Ampat.

.Pihak Dinas Pariwisata Raja Ampat menjelaskan, sejak digelar pertama kali tahun 2010, respon dari wisatawan mancanegara selalu menggembirakan masyarakat Raja Ampat dan panitia festival itu. “Dibandingkan dengan jumlah wisatawan nusantara misalnya, maka wisatawan mancanegara selalu datang paling banyak.

Tahun lalu, wisman yang datang mencapai 12.296 orang, sedangkan wisatawan nusantara hanya sekitar 7.000 orang. Saya yakin tahun ini wisman yang akan datang ke acara festival bahari Raja Ampat, akan lebih banyak,” ujar Bupati Raja Ampat, Markus Wanma dalam jumpa pers Festival Bahari Raja Ampat 2015 di Kemenpar, Jakarta, kemarin.

Jumpa pers tersebut juga dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya. Atas pertanyaan wartawan Menpar menegaskan, Festival Bahari Raja Ampat tidak bisa dianggap remeh, karena potensinya yang besar mendatangkan wisman dalam jumlah cukup banyak.

Menpar juga menegaskan festival festival lain yang digelar di tanah air dengan mengandalkan potensi kepariwisataan harus berani mematok target mendatangkan wisman. Festival Bahari Raja Ampat dinilai Menpar adalah festival yang pantas dipuji karena panitianya pandai menyusun acara menarik sehingga membuat wisman betah berlama lama di Raja Ampat. Dengan mengandalkan kekuatan sosial media, panitia juga telah memasarkan kegiatan festival bahari Raja Ampat ke berbagai negara, khususnya ke kalangan pecinta dive.

Menpar pun berpesan masyarakat dapat menjaga keindahan alam dan budaya khas Raja Ampat. Keindalam alam dan budaya Raja Ampat dinilai Menpar bisa meni ngkatkan kesejahteraan warganya. “Semakin dilestarikan makin mensejahterakan. Sebaliknya, bila alam Raja Ampat pesonanya menurun dan tidak terpelihara maka akan ditinggalkan wisatawan dan tidak memberikan kesejahteraan lagi,” ujar Menpar Arief Yahya.

Festival Bahari Raja Ampat 2015 akan menampilkan rangkaian kegiatan menarik, diantaranya lomba tarian dan lagu tradisional yospan, wayase, suling tambur, lagu tradisional yang diikuti peserta dari distrik, kab/kota, paguyuban dan sanggar seni. Selain itu digelar juga pemilihan duta wisata Papua Barat yang diikuti putra-putri dari 12 kota/kabupaten Se Papua Barat, kegiatan konservasi laut yang melibatkan masyarakat setempat dengan melakukan aksi bersih pantai dan pelepasan tukik penyu Belimbing.

Kegiatan lain yang diyakini banyak disukai wisman adalah mengikuti paket wisata bahari dive tour, jelajah kampung serta tour bird watching. (Ami Herman)

Posting Terkait