Dua SMP di Riau Masuk Nominasi Sekolah Berstandar Internasional

696 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dua SMP di Riau akan diajukan untuk meraih Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Sedang jumlah SMP di Indonesia secara keseluruhan berkesempatan mengikuti SBI ini cuma 100 sekolah termasuk dua dari Riau.

Untuk meraih kesempatan SBI ini, sebuah SMP mesti memiliki kriteria tertentu. Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama menentukan kriteria suatu sekolah jika ingin meraih kesempatan tersebut.

Kasubdin Pengembangan SMP Disdik Riau, Dra Rahmah Masniari mengatakan hal itu pada RiauInfo, Senin (9/7) di Pekanbaru. Rahmah menambahkan, Disdik Riau mengusulkan SMP Negeri 1 Pekanbaru dan SMP Babussalam. ”Pengusulan itu berdasarkan penilaian Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, baru-baru ini,” terang Rahmah.

Menurut Rahmah, terpilihnya sekolah tersebut setidaknya memiliki standar tertentu, seperti pernah melakukan koalisi (kerjasama) dengan sekolah- sekolah Luar Negeri dalam lingkup ASEAN serta sekolah tersebut mempunyai Bilingual.

Rahmah mengatakan, Program SBI ini program perdana dari Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Dengan diajukannya dua SMP tersebut di ajang SBI, kata Rahmah, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Riau. ”Dua sekolah ini cukup mewakili sekolah-sekolah di Riau, baik negeri maupun swasta dari provinsi kita agar go Internasional,” ujar Rahmah.

Lebih lanjut Rahmah menerangkan, setelah dua sekolah ini ditetapkan menjadi Sekolah Berstandar Internasional, untuk proses pendanaannya akan dilakukan Sharing Bugget antara Pemerintah pusat, Pemerintah Propinsi serta Pemerintah Kabupaten.

“Dengan ketentuan minimal kewajiban Propinsi 30 persen, 50 Persen kewajiban Pemerintah Pusat serta 20 persen tanggung jawab Pemerintah Kabupaten,” terang Rahmah.

Disdik Riau mengharapkan, prestasi dua SMP ini akan memberikan motivasi pada sekolah-sekolah SMP lain di Riau untuk menyusul SMPN 01 Pekanbaru dan SMP Babussalam tersebut. (Surya)

 

Posting Terkait