Dua Kali Gempa Bumi Goyang Pekanbaru

PEKANBARU (RiauInfo) – Gempa bumi berkekuatan cukup besar dua kali mengoyang kota Pekanbaru, sepanjang Selasa (6/3). Hal ini membuat sebagian besar warga panik, sehingga berhamburan keluar rumah. 

Gempa pertama terjadi sekitar pukul 10.50 Wib yang diawali goncangan kecil selama kurang lebih setengah menit. Kemudian tiba-tiba terjadi goncangan yang cukup kuat sehingga mengejutkan sebagian besar warga kota.

Untung saja goncangan yang cukup kuat itu hanya berlangsung beberapa detik, sehingga tidak sempat menimbulkan kerusakan pada bangunan-bangunan yang ada di kota Pekanbaru.

Namun begitu sejumlah masyarakat yang berada di dalam rumah berhamburan menyelamatkan diri ke luar rumah. Begitu juga halnya dengan masyarakat yang berada di dalam kantor dan di sekolah-sekolah.

Gempa kedua terjadi sekitar pukul 12.55 Wib yang juga sempat membuat masyarakat keluar rumah. Hanya saja gempa kedua ini tidak sebesar sebelumnya. Ini membuat tidak semua warga merasakannya.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) gempa yang terjadi ini berpusat di sekitar 16 km barat daya dari Batusangkar dengan kedalaman 33 kilometer. Kekguatan gempa sebesar 5,8 skala Ritcher.

Di sekitar pusat gempa, misalnya di kota Solok, sempat menimbulkan kerusakan. Bahkan gedung BNK BRI solo dikabarkan rubuh akibat gempa tersebut. Sedangkan di Batusangkar sejumlah rumah rubuh dan retak-retak.(Ad)

Rizki: